Kabupaten Situbondo Meraih Penghargaan Swasti Saba Wistara 2019

MutiaraindoTV, Kabupaten Situbondo – Jawa Timur. Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo kembali meraih penghargaan dari Pemerintah Pusat, penyerahan penghargaan Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara itu dilakukan di ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat. Selasa, 19 November 2019.

Penganugrahan Swasti Saba Wistara untuk Kabupaten dan Kota Sehat Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), bersama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Penganugrahan Swasti Saba Wistara dihadiri Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Taruman Agus Putranto, menurut penjelasan Kasubag Humas Pemerintah Kabupaten Situbondo H. Imam Hidayat saat mendampingi Bupati Situbondo H.Dadang Wigiarto S.H menerima penganugrahaan Swasti Saba Wistara.

Selanjutnya Imam Hidayat menjelaskan bahwa penghargaan Swasti Saba Wistara yang diserakan secara simbolis oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Menteri Kesehatan (Menkes) yang di terima Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto S.H, hal ini merupakan bagian dari Program Kabupaten dan Kota Sehat. Program ini mendorong masyarakat berperan secara aktif baik sebagai subyek maupun obyek pembangunan kesehatan, serta berkiprah sebagai agen perubahan.

Kabag Humas Pemerintah Kabupaten Situbondo Imam Hidayat juga menjelaskan, tentang sejarah singkat Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo mengikuti kegiatan Kota Sehat.

Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo mengikuti penilaian Kota Sehat dimulai sejak Tahun 2014 di tingkat Propinsi Jawa Timur dan lolos, kemudian dilanjutkan ke penilaian tingkat Nasional. “Terang Imam Hidayat.

Pada Tahun 2015 Kabupaten Situbondo mengikuti penilaian tingkat Nasional dengan 3 Tatanan, yaitu :

  1. Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum.
  2. Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi.
  3. Kehidupan Masyarakat Sehat Yang Mandiri.

Dalam penilaian Kota Sehat ini, Kabupaten Situbondo lolos dan mendapatkan Perhargaan Swasti Shaba Padapa yang diberikan oleh Bapak Presiden. “Terang Imam.

Selanjutnya, pada Tahun 2016 Kabupaten Situbondo kembali mengikuti penilaian Kota Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur, dengan 4 Tatanan dan kembali lolos untuk mengikuti penilaian Kota Sehat Tingkat Nasional.

Kemudian pada Tahun 2017 Kabupaten Situbondo mengikuti Penilaian tingkat Nasional dengan 4 Tatanan, yaitu :

  1. Kawasan Permukiman, Sarana dan prasarana Umum.
  2. Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi.
  3. Kehidupan Masyarakat Sehat Yang Mandiri.
  4. Kawasan Pangan dan Gizi.

Pada penilaian ini kembali Kabupaten Situbondo lolos dan mendapatkan Perhargaan Swasti Shaba Wiwerda yang diberikan oleh Bapak Presiden, “ungkap Imam.

Pada Tahun 2018 Kabupaten Situbondo kembali mengikuti penilaian Kota Sehat tingkat Provinsi Jawa Timur, dengan 6 Tatanan dan lolos untuk mengikuti penilaian Kota Sehat Tingkat Nasional.

Selanjutnya, pada Tahun 2019 Kabupaten Situbondo kembali mengikuti penilaian Kota Sehat Tingkat Nasional dengan 6 Tatanan, yaitu :

  1. Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum.
  2. Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi.
  3. Kawasan Kehidupan Masyarakat Sehat Yang Mandiri.
  4. Kawasan Pangan dan Gizi.
  5. Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat.
  6. Kawasan Pariwisata Sehat.

Dan pada penilaian Kota Sehat Tahun 2019 Tingkat Nasional, kembali Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo mendapat penghargaan Swasti Saba Wistara dari dari pemerintah pusat melalui Kemendagri dan Kemenkes.

Kesuksesan ini bukan semata milik Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo, namun kesuksesan seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo yang telah ikut serta berkontribusi terhadap program Kota Sehat pungkas Imam. (Irwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *