Berita TerbaruNusantara

Kades Jejalen Jaya Dampingi BPD Dalam Acara Penyerahan Surat Keputusan Bupati Di Plaza Pemkab Bekasi

×

Kades Jejalen Jaya Dampingi BPD Dalam Acara Penyerahan Surat Keputusan Bupati Di Plaza Pemkab Bekasi

Sebarkan artikel ini

MutiaraindoTV, Kabupaten Bekasi – Jawa Barat. Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi menggelar acara Pengukuhan, dan Penyerahan Keputusan Bupati Bekasi Nomor HK.02.02/Kep.388-DPMD/2024 tentang Penyesuaian Periode Masa Jabatan Anggota Badan Permusyawaratan Desa di Kabupaten Bekasi Berdasarkan Undang – Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang Perubahan Kedua Atas Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2024 tentang Desa.

Artinya, dengan terbitnya SK ini, para Anggota BPD mendapat tambahan masa jabatan selama dua tahun atau sampai Tahun 2026 mendatang.

Tercatat, sebanyak 1.539 Anggota BPD se-Kabupaten Bekasi nampak menghadiri acara penyerahan SK Bupati Bekasi tersebut, yang dilakukan di lapangan Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Kecamatan Cikarang Pusat. Selasa, 09 Juli 2024 pagi.

Hadir pula para Kepala Desa, )urah serta Camat se-Kabupaten Bekasi, tidak ketinggalan Kepala – Kepala OPD serta unsur Forkopimda Kabupaten Bekasi.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Rahmat Atong, S.STP., MM. menjelaskan, bahwa Anggota BPD se-Kabupaten Bekasi yang dikukuhkan pada hari ini berjumlah 1.539 orang.

Dari sejumlah itu, katanya, ada 201 orang yang telah menjabat 3 periode (sebagai Anggota BPD-red), “sebanyak 279 orang telah menjabat selama 2 periode, dan 1.067 orang yang baru menjabat 1 periode. “Ungkap Rahmat Atong.

Para Anggota BPD yang dikukuhkan ini diharapkan dapat membawa kemajuan bagi desanya masing – masing, “diharapkan juga agar para Anggota BPD dapat memperkuat sinergi dengan Kepala Desa dan seluruh perangkat desa pada umumnya. “Ucapnya.

Berdasarkan data DPMD, dari 179 desa di Kabupaten Bekasi, sebanyak 172 dijabat Kepala Desa Definitif dan 7 Desa lainnya diisi oleh Penjabat (Pj) Kepala Desa. Sedangkan jumlah total perangkat desa mencapai 3.580 orang, Kadus 537 orang, 2.135 RW, dan 7.441 RT.

Ketua BPD Kabupaten Bekasi, H. Karno, S.Pd., mensyukuri diselenggarakannya upacara pengukuhan Anggota BPD se-Kabupaten Bekasi ini. “Sebab proses yang harus dilalui untuk sampai ke titik ini sangatlah panjang. Alhamdulillah, berkat kebijakan Pak Pj. Bupati Bekasi dan dibarengi dengan kekompakan kita semua, sehingga pada akhir bulan Juni 2024 lalu SK BPD bisa rampung. “Ungkapnya.

Dirinya berharap, dengan telah disahkannya Undang – Undang No. 3/2024 yang baru, dapat diikuti semangat kekompakan dalam memajukan desa. “Insya Allah, BPD akan terus menjadi pelopor sinergitas yang baik dengan kepala desa. Tetapi kami juga butuh disupport (dari Pemda), sehingga kami siap untuk membantu menjaga Kamtibmas di Kabupaten Bekasi. “Terangnya.

Peran BPD sangat penting, kata H. Karno, apalagi Kabupaten Bekasi akan menghadapi Pilkada pada 27 November 2024 mendatang. “Mari kita tunjukkan (kekompakan) itu, bahwa BPD bisa menjaga kondusifitas keamanan di Kabupaten Bekasi. “Imbuhnya.

Hal senada, juga disampaikan oleh Pj. Bupati Bekasi, H. Dani Ramdan. Ia menekankan, BPD di Kabupaten Bekasi harus menjaga harmonisasi dengan Kepala Desa. “BPD ini bisa disebut juga senator. Sebagai senator, tentu anda mewakili kepentingan masyarakat agar kebijakan Pemdes sejalan dengan kepentingan masyarakat. “Jelasnya.

Karena itu, Dani mengaharapkan, agar tambahan 2 tahun masa jabatan ini dimaksimalkan untuk meningkatkan kinerja menjadi lebih baik. “Ini kesempatan baik untuk mewariskan kenangan yang lebih baik bagi desa masing – masing. Insya Allah, saya siap berkolaborasi dengan anda, “ucapnya.

Terakhir, Dani menegaskan, bahwa di dalam SK BPD tersebut tertulis namanya sebagai Penjabat Bupati Bekasi yang menandatanganinya. “Dengan SK ini saudara sekalian bisa mengingat nama Dani Ramdan, saya membantu anda, maka anda juga harus membantu saya untuk bagaimana menjadikan Kabupaten Bekasi lebih baik. “Pungkasnya.

Disela sela acara, Kades Jejalen Jaya berpesan kepada BPD agar hubungan dan kerjasama yang sudah baik bisa ditingkatkan lagi, sinergitas antara BPD dan Pemdes harus tetap solid.

“Saya berharap perpanjangan dua tahun masa bakti BPD bisa lebih di tingkatkan lagi kerjasamanya dengan Pemerintah Desa Jalen demi kemajuan dan kesejahteraan warga masyarakat khususnya. (Ali M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *