Kades Panji Kidul Serahkan Tujuh Timbangan Anak untuk Posyandu Binaan Desa

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Kepala Desa Panji Kidul, Budiono, melakukan langkah nyata untuk meningkatkan kesehatan anak di wilayahnya dengan menyerahkan tujuh timbangan anak kepada posyandu binaan desa. Penyerahan timbangan tersebut dilakukan secara simbolis pada perwakilan masing-masing posyandu di Balai Desa Panji Kidul pada Kamis (7/12/2023).

Tidak hanya menyerahkan timbangan anak, Kepala Desa Budiono juga memberikan alat ukur suhu kepada tujuh posyandu tersebut. Hal ini bertujuan untuk memastikan pemantauan kesehatan anak secara lebih komprehensif di tingkat desa.

Selain itu, kepala desa juga memberikan pelatihan kepada para kader posyandu guna meningkatkan kapasitas dan pengetahuan mereka dalam melaksanakan tugas kesehatan. Para kader posyandu memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada balita, termasuk pemberian makanan tambahan untuk meningkatkan gizi.

Budiono menyampaikan bahwa langkah ini juga merupakan upaya pencegahan terhadap stunting pada anak-anak. Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak yang dapat berdampak pada perkembangan fisik dan kognitif mereka di kemudian hari.

Pada acara penyerahan timbangan anak dan alat ukur suhu tersebut, hadir sebagai pemateri adalah Riema Windar Asti, seorang ahli gizi dari Puskesmas Klampokan, serta Dwi Kurniawati, seorang bidan dari Desa Panji Kidul. Mereka memberikan pengetahuan dan informasi penting terkait gizi dan kesehatan anak kepada para kader posyandu.

Sekretaris Desa Panji Kidul, H. Zaini, membenarkan bahwa tujuh posyandu yang ada merupakan binaan pemerintah desa. Oleh karena itu, kebutuhan yang mereka miliki akan difasilitasi dan diupayakan secara rutin setiap tahun.

Dengan adanya penyerahan timbangan anak dan alat ukur suhu ini, diharapkan kesehatan anak-anak di Desa Panji Kidul dapat terus termonitor dengan baik. Program-program bidang kesehatan seperti ini menjadi prioritas utama bagi pemerintah desa, karena merupakan amanah yang wajib dijalankan untuk kesejahteraan masyarakat. Pungkasnya (hos)

Check Also

Masa Akhir Jabatan Bupati Situbondo Torehkan Tinta Emas Dengan Membangun GOR Bung Karna

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Bupati Situbondo, Karna Suswandi torehkan tinta emas dengan dibuktikan saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *