Kades Sisobandao Sirombu, Pergunakan Dana Desa Sesuai APBDes

MutiaraindoTV, Kabupaten Nias Barat – Sumatera Utara. Dalam merealisasikan keuangan Desa di Desa Sisobandao, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat setiap tahun. Kami selalu berpedoman dengan APBDes, walaupun itu terdapat kegiatan yang kurang maksimal atau tertunda.

Itu akibat dari situasi dan kondisi sosial kemasyarakatan desa apa lagi di masa Covid-19 ini, jadi program kegiatan desa yang tidak ada kendala atau hambatan telah terlaksana dengan baik.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Sisobandao Elvi Alberta Waruwu S.Pd kepada awak media, yang turut didampingi aparat Pemerintah Desa dan tokoh masyarakat desa pada Rabu 10 Februari 2021 di kediamannya kemarin.

“Mengenai pemanfaatan Dana Desa mulai dari Tahun Anggaran 2018 sampai 2020, kita selalu berpedoman pada APBDes dan terlaksana dengan baik, walaupun itu terdapat item kegiatan yang kurang maksimal dan atau tertunda itu akibat kendala. ”Ujarnya.

Dikatakannya, seperti Dana Desa Tahun 2020 lalu, sebagian dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) selebihnya untuk pembangunan fisik.

“Misalnya untuk kegiatan fisik Tahun 2020 lalu, kami sudah programkan Pembukaan jalan dari Dusun II menuju Dusun III Ononamolo akan tetapi terkendala sedikit.

Karena yang punya lahan tidak bersedia menghibahkan tanahnya kembali padahal ada alokasian anggaran untuk itu, jadi yang tidak terkendala dan hibahnya ada sudah kita laksanakan dan dilanjutkan pada tahun 2021 ini”.

Ia berharap agar masyarakat tidak ragu akan pengerjaan pembangunan yang belum maksimal, karena hanya faktor waktu saja dan tetap dilanjutkan. Kemudian, dana untuk item yang belum dikerjakan dan sudah terprogramkan, masih utuh berada di rekening desa sehingga menjadi tambahan dana untuk tahun berikutnya.

Ditempat yang sama, salah seorang tokoh masyarakat Desa Sisobandrao Onekhesi Waruwu alias Ama Lince (50 Tahun), membenarkan pernyataan Kepala Desa bahwa penggunaan keuangan desa Tahun 2018 sampai 2020 sudah jelas.

Walaupun ada riak – riak pada Tahun 2019 lalu, tentang alokasian Dana Desa Tahun 2018, sudah di audit Inspektorat Nias Barat.

“Berdasarkan laporan saya itu, Inspektorat Nias Barat sudah menurunkan Tim untuk mengaudit, memang ada temuan karena kurang realisasi dan telah dikembalikan ke rekening Desa menjadi Silva. ”Ungkapnya.

Lanjutnya, “jadi penggunaan keuangan desa saat ini jelas dan terlaksana dengan baik. Ada fisik dan non fisik (Pemberdayaan), bukti fisik dilapangan misalnya ada pembangunan parit beton, pembangunan kantor BUMDES, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu harapnya, marilah kita masyarakat jangan gagal paham, berilah dukungan agar pembangunan Desa Sisobandrao yang kita cintai ini berjalan dengan baik. ”Terangnya. (AH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *