KADIS PMD : Para Kandidat Diminta Ikhlas dan Legawa Usai Musdes PAW Desa Klatakan

Drs. H. Lutfi Joko Prihatin, SH.,M.Hum. (tim)

Mutiaraindotv.com, Situbondo – Para kandidat pemilihan kepala desa antar waktu (PAW) di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur diminta ikhlas dan legawa apapun hasilnya usai menggelar musyawarah desa (Musdes) Pilkades Antar Waktu (PAW) desa setempat.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, Drs. H. Lutfi Joko Prihatin, SH.,M.Hum, kepada Mutiaraindotv.com usai acara proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Kades Antar Waktu (PAW) Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Selasa (10/05/2022).

Lutfi Joko Prihatin menyampaikan, bahwa para kandidat awalnya memang bersaing, tetapi setelah pemilihan harus bisa bersanding dan bersatu, karena semua mempunyai tujuan yang sama, yaitu untuk kesejahteraan masyarakat.

“ Kepada Kades PAW terpilih, agar yang bersangkutan memahami bahwa tugas kepala desa sekarang ini tidaklah mudah. Regulasinya sangat ketat. Ada kades yang sukses, tapi ada juga yang tersangkut urusan hukum lantaran gegara duit (anggaran). Maka, kalau jadi kades berniatlah untuk mengabdi, memberi pelayanan pada masyarakat,” tegas Lutfi Joko Prihatin.

Dijelaskan dia, pelaksanaan PAW memang secara teknis berbeda dari Pilkades reguler. PAW dilakukan secara musyawarah mufakat atau melalui pemungutan suara.

” Namun, jumlah pemilihnya lebih sedikit, tidak sama dengan Pilkades reguler. Pemilihnya, hanyalah mereka yang punya hak suara dalam musyawarah desa, “pungkasnya. (tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *