Berita TerbaruInternasionalRagam & Peristiwa

Kapal Nelayan Korsel Terbalik, Bawa Sembilan Awak Diantaranya Tujuh WNI Tiga Meninggal.

×

Kapal Nelayan Korsel Terbalik, Bawa Sembilan Awak Diantaranya Tujuh WNI Tiga Meninggal.

Sebarkan artikel ini
Foto yang diambil dan dirilis Korea Coast Guard Sabtu (9/3) menunjukkan petugas penjaga pantai tengah mencari korban dari kapal nelayan yang tenggelam di Tongyeong. (KOREA COAST GUARD/AFP)

MutiaraIndoTV | Jakarta – Sebuah kapal nelayan Korea Selatan (Korsel) dilaporkan terbalik di perairan lepas pantai Korea Selatan atau tepatnya di perairan 68 kilometer selatan sebuah pulau di Kota Tongyeong Sabtu (9/3). Kapal tersebut dilaporkan membawa sembilan awak, tujuh di antaranya merupakan warga negara Indonesia (WNI).

Diketahui, KBRI Seoul telah mendapat informasi dari pemerintah Korea terkait tenggelamnya kapal penangkap ikan “2 Haesinho” di perairan Korea, akibat kecelakaan pada Sabtu (9/3) lalu.

“Hingga Minggu, 10 Maret 2024, telah ditemukan 4 ABK kapal penangkap ikan 2 Haesinho yang tenggelam di Laut Yeosu Selatan,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha, Minggu (10/3/2024).

“Keempat ABK tersebut terdiri dari 3 WNI dan 1 warga Korsel. Keempatnya meninggal dunia,”sambungnya.

Kemudian proses pencarian masih terus dilakukan Korean Coast Guard (KCG) untuk 5 ABK lainnya, terdiri dari 4 ABK WNI dan 1 ABK Korsel. Serta KBRI Seoul telah mengirimkan Tim Pelindungan WNI ke Tongyeong, sekitar 5 jam perjalanan darat dari Seoul.

“Tim berkoordinasierat dengan KCG untuk proses pencarian dan Rumah Sakit SAE Tongyeong untuk proses penanganan jenazah,”katanya.

Kini KBRI Seoul masih terus berkoordinasi dengan Korean Coast Guard dalam melakukan pencarian intensif atas ABK lainnya. Serta Kemlu turut menelusuri data keluarga ABK WNI guna pemenuhan hak-haknya.

“Kemlu telah berhasil menghubungi seluruh keluarga 7 ABK WNI untuk menyampaikan update proses pencarian dan penanganan jenazah,”tuturnya.

*Red

Editor : Tikno

Publisher : Tikno

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *