Kapolres Situbondo Gunakan Pendekatan Humanis Kawal Dan Amankan Demontrasi Mahasiswa

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Pengamanan dan pengawalan aksi unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM dalam bentuk Long March oleh Aliansi Mahasiswa Kelompok Cipayung Kabupaten Situbondo dilakukan secara simpatik dan humanis. Bahkan, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H. berada didepan pasukan memimpin personel pengamanan sehinga aksi berjalan kondusif, Senin (12/9/2022).

Aksi long march rute seputar dalam kota Situbondo dilakukan Aliansi Mahasiswa Kelompok Cipayung Kabupaten Situbondo yang merupakan gabungan elemen mahasiswa diantaranya PC. PMII (Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia), HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) dan IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah).

Berhadapan langsung dengan para pengunjuk rasa, Kapolres Situbondo pun memberikan imbauan yang humanis dan simpatik agar dalam menyampaikan aspirasi dilakukan dengan damai dan tidak timbul aksi anarkis.

“ Upaya persuasif, simpatik dan humanis dikedepankan dalam mengawal dan mengamankan kegiatan unjuk rasa, bagaimanapun adik-adik mahasiswa memiliki hak menyampaikan aspirasi dan dilindungi oleh undang-undang namun dilakukanb dengan damai dan tidak anarkis,“ ucapnya.

Di depan Kantor DPRD Situbondo, peserta unjuk rasa ditemuai langsung oleh Ketua DPRD Situbondo Djainur Ridho, anggota DPRD Situbondo H. Tolak Atin didampingi Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H.,S.I.K.,M.H. yang menyampaikan bahwa aspirasi Aliansi Mahasiswa Kelompok Cipayung Kabupaten Situbondo akan disampaikan ke DPR Pusat.

Selanjutnya, perwakilan Mahasiswa menyerahkan Surat Pernyataan Sikap yang ditanda tangani oleh Ketua masing-masing elemen mahasiswa menandatangani Ketua Umum Cabang HMI Bondowoso-Situbondo Moh. Syeh Zainul Hali, Ketua Umum Cabang PMII Situbondo Fathor Zainullah dan Ketua Umum Cabang IMM Kabupaten Situbondo M. Rifky Ahmad Zidane serat diketahui Ketua DPRD Situbondo.

Sebagai informasi, guna menjamin kelancaran, keamanan dan ketertiban giat penyampaian aspirasi para mahasiswa saat itu, diterjukan 340 personil gabungan Polres Situbondo dari berbagai satuan dan Polsek Jajaran, Kodim 0823 Situbondo, Dishub, Satpol PP dan Dinkes.

“Selama kegiatan situasi aman lancar dan terkendali, Kami dari Polri mengapresiasi Aliansi Mahasiswa Kelompok Cipayung Situbondo yang telah menyampaikan aspirasinya dengan damai dan tertib sehingga dapat terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif,” pungkasnya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *