KBRI Seri Bengawan Gelar Workshop Teknis Berusaha Untuk UMKM Secara Virtual

Mutiaraindotv, KBRI Seri Bengawan, Irwan Iding, Wakil Kepala Perwakilan RI KBRI Bandar Seri Begawan menginfomasikan rencana KBRI Bandar Seri Begawan untuk melanjutkan seri Workshop Teknis Berusaha untuk UMKM dengan Tema “‘ Marketing Online Technic. Workshop “‘. Yang dijadwalkan pada tanggal 4 Desember 2021.

Seri Workshop Teknis Berusaha untuk UMKM ini, akan digelar sebagai penutup dari rangkaian workshop yang sudah dilaksanakan secara virtual oleh KBRI Bandar Seri Begawan sejak November 2021.

” Setelah belajar mengenai koperasi dan pengolaan keuangan dasar, seri berikutnya adalah tentang marketing online yang menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam berusaha di masa pandemi seperti saat ini “, ujar Irwan Iding. Jum’at, 26 November 2021.

Lebih lanjut ditambahkannya, bahwa platform online yang ada saat ini memiliki ciri khas masing-masing. Sehingga para pengusaha perlu mengenal baik dan memahami cara pendekatan yang sesuai dengan platform yang digunakan.

” Masa pandemi Covid- 19 telah menempatkan UMKM pada pihak yang paling rentan terdampak krisis. Banyak kesulitan dan tantangan dihadapi oleh pelaku UMKM untuk tetap menjalankan bisnisnya. Namun, di sisi lain pandemi mengajarkan kita untuk lebih fokus berinovasi, berpikir lebih kreatif, dan beradaptasi dengan tuntutan zaman dan persaingan bisnis, serta terus mengembangkan usaha ke depan “, ungkap Irwan Iding.

Sejak November 2021, Seri Workshop Teknis Berusaha untuk UMKM diselenggarakan oleh KBRI Bandar Seri Begawan untuk memajukan pelaku usaha Indonesia yang berdomisili di Brunei Darussalam. Materi Workshop dipilih untuk menghadapi pandemi Covid- 19 dan fase pemulihan.

” Sesi pertama dilaksanakan pada tanggal 13 November 2021, yaitu mengupas prinsip dan kerja sama usaha koperasi, dengan narasumber dari Kementerian Koperasi dan UKM RI “.

Sedangkan dalam pembahasan selanjutnya tanggal 20 hingga 21 November 2021, membedah Dasar-dasar Pengelolaan Keuangan Bisnis dan Tata Buku untuk UMKM, dengan narasumber dari Kantor Wilayah Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Utara dan Ultima Business and Management Consulting.

Workshop ini dihadiri lebih dari 150 peserta yang sangat antusias dan aktif menanyakan strategi dalam menciptakan profit. Mereka berharap kegiatan serupa dapat diadakan kembali di masa mendatang dengan waktu pelatihan yang lebih panjang dan dalam bentuk tatap muka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *