Kelompok Hacker SBH berhasil Di Tangkap Oleh Subdit IV Cyber Crime Ditreskrim Polda Metro Jaya

Mutiara IndoTV – Jakarta. Subdit IV Cyber Crime Ditreskrim Polda Metro Jaya berhasil menangkap tiga orang hacker atau peretas, yang tergabung dalam kelompok Surabaya Black Hat (SBH). Kepala Bidang Humas Polda Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono SIK,M,Si mengatakan, penangkapan kelompok peretas asal Surabaya. Yang menamakan dirinya Surabaya Black Hat (SBH). Selasa, (13/03/2018).

Ini berawal dari imformasi yang disampaikan Biro Investigasi Federal (FBJ) Amerika Serikat, Kombel Pol Raden Prabowo Argo Yuwono SIK,M.Si mengatakan “FBI menerima laporan yang masuk dari Internet Crime Complaint Center (IC3). Tiga orang hacker atau peretas ini, bisa melakukan aksinya hanya dalam hitungan menit.

FBI kemudian memonitor dengan dugaan peretasan situs dan sistem elektronik, ada 40 negara lebih dan 3000 situs dan sistem elektronik yang di retas oleh kelompok Surabaya Black Hat (SBH), ” ujur Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono SiK,M.Si.

Kemudian dianalisa dan dimonitor, ternyata kelompok hecker yang dimaksud itu berasal dari Indonesia. Sehingga imformasi itu diterima Polri, penangkapan kemudian dilakukan dengan target enam orang.

Hanya tiga orang pelaku saja yang tertangkap, diantaranya yaitu: NA (21), KPS (21), dan ATP (21). Namun masih ada tiga orang pelaku lagi yang dinyatakan buron, kini tiga orang pelaku lainnya terus dilakukan pengejaran oleh aparat Kepolisian.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal 30 jo pasal 46 dan atau pasal 29 jo pasal 45B dan atau pasal 32 jo pasal 48 Undang – Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau pasal 3,4 dan 5 Undang – Undang RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), dengan ancaman hukuman 8 sampai dengn 12 tahun penjara. (Maryadi/ Taufik KA)   

Check Also

Masa Akhir Jabatan Bupati Situbondo Torehkan Tinta Emas Dengan Membangun GOR Bung Karna

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Bupati Situbondo, Karna Suswandi torehkan tinta emas dengan dibuktikan saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *