Kementrian ATR/BPN RI Akan Sertifikasi Situ Cibeureum

MutiaraIndoTV.com (Bekasi)Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI akan melakukan upaya-upaya penyelamatan dengan melakukan sertifikasi lahan danau situ Cibeureum di Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.

Hak itu dikatakan , Direktur Pengendalian Pemanfaatan Ruang, Direktur Jendral (Ditjen) Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) ,Wisnubroto Sarosa, saat meninjau lokasi Situ Cibeureum, Kamis (3/9).

““Situ Cibeureum yang ada diwilayah Kabupaten Bekasi ini akan menjadi salah satu percontohan dalam pensertifikatan Danau yang ada diwilayah Jabodetabekpunjur (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi, Puncak dan Cianjur,”Ujar Wisnubroto Sarosa.

Dikatakannya pemerintah berupaya untuk perlindungan dan optimalisasi fungsi situ, danau, embung, dan waduk (SDEW) sebagai tempat penampungan air, pengendalian banjir, konservasi sumber daya air, dan pengembangan ekonomi lokal.

“Situ Cibeureum yang ada diwilayah Kabupaten Bekasi ini akan menjadi salah satu percontohan dalam pensertifikatan Danau yang ada,” katanya.

Situ Cibeureum sendiri saat ini masuk dalam kepemilikan aset Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) seluas 15 hektar, untuk itu perlu pendalaman dan pengkajian dalam mensertifikasinya.

Kepastian terkait luasan lahan situ Cibeureum yang dimiliki mutlak, hal ini lantaran adanya perbedaan luasan dari data-data. Catatan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi yang tertuang dalam peraturan daerah No. 12 tahun 2011 tentang RTRW seluas 40an hektar. Persoalan lain yang perlu diselesaikan secara baik dan mendalam terkait adanya HGB milik salah satu pengembang perumahan dalam hal ini PT Putra Alpita Pratama (PAP) yang ada di atas badan situ Cibeureum.( Dwi)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *