Kepala Dinas Pertanian Kalimantan Barat, “Bpk. Heronimus” memimpin rapat Sinkronisasi Pengembangan Holtikultura

mutiaraindotv-Pontianak, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Barat, Heronimus Hero mengatakan bahwa Multikultural itu banyak, kalau di kategori kan menjadi 4 kelompok yakni tanaman buah, tanaman sayur, tanaman hias, dan tanaman obat . Hal tersebut diungkapkan nya dalam kegiatan Rapat Sinkronisasi Pengembangan Holtikultura, di Aula Dinas Pertanian Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (21/02/18) pagi .

Dirinya juga mengatakan Karena anggaran pemerintah terbatas yang prioritas nya sensitif itu dipasar, seperti cabai dan bawang .

“Tapi kalau untuk yang berkembang dimasyarakat rasa multikultural secara kuantitas itu hampir merata selalu bisa ditemukan baik itu buah maupun sayur, tanaman hias dan tanaman obat . Cuma mengorganisasikan nya saja yang masih kurang jelas keberadaannya .”

Dirinya juga mengatakan bahwa bawang itu bisa menjadi identitas, dalam artian untuk dipromosikan dan bagaimana cara untuk mengembangkannya menjadi lebih banyak, seperti daerah kubu raya lahan gambut yang sudah berkembang tanaman bawang nya .

“Banyak masyarakat yang menganggap bahwa bawang itu tidak bisa ditanam di lahan gambut, sebenarnya itu bisa tinggal bagaimana masyarakat dengan pemerintah daerah mengembangkannya sesuai program .”

Selain itu, dirinya juga mengatakan bahwa tahun ini ada 140 Hektar lahan untuk pengembangan Bawang .

“Sekarang masih kita titipkan di semua kabupaten, tinggal kita lihat yang mana yang lebih menonjol . Untuk yang sudah terlihat menonjol itu kabupaten kubu raya lahan gambut nya sangat cocok .”

Dirinya juga mengharapkan untuk kabupaten lain menyusul seperti apa yang telah dilakukan kabupaten kubu raya .

“Selain bawang dan sayur kabupaten kubu raya hortikultura nya juga menanam buah seperti melon, semangka, dan jagung manis yang berasal dari rasau jaya kabupaten kubu raya .”

Yudha/Mia/Redaksi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *