Kepala Inspektorat ; Kebijakan Pencopotan Jabatan Kades Paowan Secara Administratif DPMD, Masalah Pidananya APH

MutiaraindoTV.com SITUBONDO – masih seputar permasalahan Polemik Desa Paowan kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo, sudah dilakukan Pemberhentian Sementara kepada Kepala Desa Saiful Hadi S.Pd, Kepala Inspektorat kabupaten Situbondo Yulianto katakan itu Kode Keras.

Saat ditemui setelah pemakaman Almarhum Ayahanda Bupati Situbondo Drs. H. Karma Suswandi, Kepala Inspektorat Pemkab Situbondo Yulianto berhasil dikonfirmasi oleh Mutiaraindotv.com terkait Polemik Desa Paowan.

Menurut Yulianto, bahwa pemberhentian sementara itu adalah kode keras bagi sang kades untuk lebih mempertanggungjawabkan perbuatannya.

” Saat ini kan sudah menjalani Pemberhentian sementara sebagai Kades semenjak ada rekomendasi dari bapak Bupati, itu adalah kode keras jadi harus waspada dan segera selesaikan pertanggungjawabannya,” Katanya seraya mengawali Wawancara. Minggu (25/7/2021).

Saat ditanya terkait batas waktu yang tinggal hitungan hari, maka jika belum menyelesaikan pengembalian maka akan dicopot jabatannya sebagai Kepala Desa, Yulianto menuturkan itu bukan kebijakan Inspektorat melainkan pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Situbondo.

” Kalau masalah Pencopotan Jabatan Kades itu bukan dari pihak Inspektorat melainkan secara administrasi iya pihak DPMD,” Jelasnya.

Masih Yulianto, pihaknya menjelaskan bahwa bagian pencopotan jabatan secara administrasi dari DPMD sedangkan masalah hukum Pidananya itu Pihak APH.

” Kan ada 2 Kasus yang pertama sudah masuk Rana kejaksaan, yang kedua masih di Meja bapak Bupati Situbondo, jadi kalau memang sudah tidak bisa menyelesaikan iya siap – siap saja,” Tutupnya seray berpamitan untuk pulang.

Sementara dihubungi via pesan WhatsApp Kepala DPMD Pemkab Situbondo Lutfi Djoko Prihatin saat dikonfirmasi perihal pemberhentian sementara yang berujung pencopotan jabatan dimana batas waktu tinggal hitungan hari, Lutfi Djoko Prihatin belum memberikan tanggapan balasan, meski centang dua sudah masuk ke WhatsApp pribadinya.

Sedangkan saat didatangi Kekediaman Kades Paowan Saiful Hadi yang menjalani Pemberhentian sementara, semua pintu tertutup rapat, meski wartawan mutiaraindotv.com mencoba memanggil berkali – kali pintu rumah tetap tak ada yang membuka bak rumah kosong ribuan tahun.

Diketahui tinggal hitungan hari lagi pencopotan jabatan kepala Desa Paowan akan dilaksanakan mengingat pertanggungjawaban dirinya belum bisa pihaknya menyelesaikan. Kita tunggu saja apakah Kades Paowan bisa menyelesaikan pertanggungjawabannya dan kembali menjabat sebagai kepala Desa, atau sebaliknya dicopot jabatannya dan menunggu proses hukum menunggu antrian tidur dihotel bintang 10 timur alun – alun Situbondo.

(Frengky)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *