Kepsek Yang Ikut Open Bidding Harus Diawasi Ketat, Ini Kata Ketua LMPPSDMI

J.Leonard Butar Butar, Ketua LMPPSDMI

 

MutiaraIndoTV.com. ( Bekasi )- Seleksi dan promosi jabatan publik secara terbuka atau open bidding merupakan suatu sistem mekanisme yang dilakukan dalam mengimplementasikan pengangkatan seseorang dalam suatu jabatan struktural.

Hal itu dikatakan J.Leonard Butar Butar, Ketua LMPPSDMI, kepada jurnalis MutiaraIndoTV.com, Selasa (27/9).

Menurut Ketua LMPPSDMI, J.Leonard Butar Butar, yang perlu diperhatikan dalam open bidding, pertama mekanisme. Yaitu open bidding harus sesuai dengan mekanisme yang sesungguhnya sesuai tahapannya.

” Jangan sampai mekanisme hanya sebatas formalitas untuk memenuhi prasyarat,” Kata J Leonard Butar Butar, menanggapi open bidding pemda kabupaten Bekasi.

Dan yang kedua, lanjut J.Leonard Butar Butar, adalah prinsip profesionalitas.
” Dalam memverifikasi data pelamar harus menyesuaikan keahlian pelamar dengan instansi yang dilamarnya, harus sesuai dengan backround akademi dan profesinya,” Jelas J.Leonard.

Terkait adanya informasi yang menyebutkan ada Kepala Sekolah yang ikut open bidding, menurut J.Leonard Butar Butar, harus dikaji kembali. Pasalnya, Kepala Sekolah harus memiliki kriteria dan catatan yang baik atau tidak pernah bermasalah dan dapat bekerjasama dengan para guru di sekolahnya.

” Jika ada Kepala Sekolah , SD dan juga SMP yang tidak dapat bekerjasama, tentu perlu di kaji kembali keikutsertaanya di open bidding,” Tuturnya.

Selain itu, tambahnya peran pengawas sekolah harus lebih teliti dalam melaksanakan pengawasan.

Dirinya menyesalkan jika fungsi pengawas sekolah tidak maksimal,  peran pengawas sekolah dinilainya lemah dan tidak tegas. Hal ini memunculkan dugaan adanya ‘ Kongkalingkong’ sehingga seorang Kepala Sekolah bisa ikut open bidding.

” Seharusnya diawasi ketat oleh pengawas, agar Kepala Sekolah yang ikut open bidding benar benar yang dapat memimpin,” Katanya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *