Ki Ronggo Cup Diikuti Penggemar Perkutut Luar Kota

Mutiaraindotv.com, BONDOWOSO, JAWA TIMUR-Sebanyak 673 burung perkutut dari berbagai wilayah mengikuti lomba burung perkutut Kironggo Cup, di Alun-alun Ki Bagus Asra, Minggu (2/10/2022). Diantaranya dari Kabupaten Bondowoso, Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Bali, Pamekasan, Sumenep, Sidoarjo, Surabaya, Pasuruan.

Bahkan, ada yang berasal dari Kalimantan. Menurut Misnawan Kacong, Ketua Pengda Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia Kabupaten Bondowoso, mereka mengikuti perlombaan di empat kategori.

“Yang diperebutkan, doorprize utama, sepeda motor, juara dua ada TV 32 inc,” urainya. Sementara itu, Sinung Sudrajat, Wakil Ketua DPRD kabupaten Bondowoso, bersyukur digelarnya event tingkat Provinsi Jatim di Bondowoso.

Apalagi, pelaksanaan lomba mengangkat kearifan lokal, berupa penyebutan nama Bupati pertama Ki Ronggo. “Saya sampaikan terima kasih, karena tajuk lomba perkutut, Ki Ronggo Cup,” tutur pria yang juga merupakan perwakilan keluarga besar Ki Ronggo.

Pria yang akrab disapa Sinung ini mengatakan, pelaksanaan lomba ini hendaknya tidak dilihat secara seremonial saja, melainkan terjadinya perputaran ekonomi.

“Manfaat dari kegiatan ini yang pertama pelestarian, sekaligus mengenang sejarah,” pungkasnya. Tampak, acara yang dilaksanakan di jantung kota itu menarik perhatian banyak pengunjung.

Ada yang hadir karena kecintaannya terhadap burung perkutut. Burung yang dilombakan, di antaranya memilki harga yang cukup fantastis, Rp 1 miliar. (sam/zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *