KIP Gelar Simulasi Tata Cara Pencoblosan Dan Penghitungan Suara

MutiaraindoTV, Kabupaten Bener Meraih – Aceh. Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bener Meriah gelar simulasi, tentang tata cara pencoblosan dan penghitungan suara, di halaman Kantor KIP Bener Meriah. Kamis, 11 April 2019.

Ketua KIP Bener Meriah Khairul Akhyar dalam sambutanya menyampaikan, simulasi tata cara pencolosan dan penghitungan suara ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia pada hari ini, hal itu merupakan untuk mensosialisasikan cara pencolosan.

Lanjutnya, Sealin itu simulasi ini juga untuk mengetahui durasi (Waktu) yang dibutuhkan bagi peserta pemilih di TPS. Karena pemilih terbagi beberapa kereteria diantaranya pemilih pemula, disabilitas dan pemilih usia yang tua. “Kata Ketua KIP Bener Meriah itu.

Sementara itu Jufrianda S.sos devisi teknis kepada media ini menyampaikan, simulasi ini sedikitnya di ikuti 296 pererta yang terdiri dari KPPS sebanyak 166 orang, PPS 80 orang dan PPK sebanyak 50 orang peserta. Namun yang memberikan hal suara (Menyoblos) hanya 250 orang saja, sementara yang lainya ada yang berperan sebagai petugas Linmas. “Ungkapnya.

Jufrianda menambahkan, untuk peserta dari KPPS dan PPS itu semuanya berasal dari Kecamatan Bukit, kalau PPK itu dari seluruh kecamatan se-Kabupaten Bener Meriah sebut Komisioner KIP devisi teknis itu.

Terkait durasi Jufrianda mengatakan, dari hasil yang telah kita hitung secara acak rata rata pada simulasi ini memakan waktu 3-4 menit per lsatu orang pemilih yang tanpa menentukan pilihan (Asal Coblos ). Dari hasil tersebut kita menyimpulkan pada hari pencoblosan, nanti paling lama durasi per satu orang 5-6 menit.

” Kita memperedsi dengan pencolosan yang menentukan pilihan masing – masing, setiap meserta paling lama memakan waktu 5-6 menit.  “Papar Jufrianda.

Dia menambahkan, dalam simulasi ini kita juga mengunakan lima sepesinen kertas suara, yakni DPRK, DPRA, DPD.RI, DPR.RI dan Pilpres. “Tutur Jufrianda seraya mengatakan, kita berharap pada hari H nanti semua berjalan lancar dan aman. “Pintanya. (Samsudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *