Berita TerbaruPemerintahanRagam & Peristiwa

Klarifikasi KUA Panarukan Terkait Penolakan Dokumen Oleh Disdukcapil Situbondo

×

Klarifikasi KUA Panarukan Terkait Penolakan Dokumen Oleh Disdukcapil Situbondo

Sebarkan artikel ini

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, menanggapi keluhan masyarakat terkait penolakan dokumen KUA oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Situbondo dalam proses perubahan data KK dan KTP.  Selasa (2/7/2024)

Kepala KUA Panarukan, Jos Khalivan Kanjun Affandi, S.H.I., menjelaskan bahwa KUA melayani masyarakat berdasarkan surat keterangan dari desa dan data pendukung lainnya, seperti ijazah atau akte kelahiran.

Menurut Jos Khalivan, data di KUA tercatat lengkap dan rapi, bahkan sejak sebelum kemerdekaan Indonesia. Dia mencontohkan pencatatan lama yang hanya mencantumkan nama, umur, dan tempat lahir tanpa tanggal dan tahun. Dalam hal ini, KUA memerlukan data tambahan dari pemohon untuk memastikan validitas data.

Jos Khalivan menyatakan kebingungannya atas penolakan Disdukcapil terhadap dokumen KUA, mengingat KUA telah mengikuti prosedur yang berlaku berdasarkan surat keterangan desa dan data pendukung.

Dia juga mencontohkan kasus perbedaan nama antara ijazah, KK, dan KTP yang dikeluhkan masyarakat.

Jos Khalivan berharap, Disdukcapil Situbondo lebih proaktif dalam memvalidasi data, termasuk nama, tempat tanggal lahir, dan tahun lahir.

Dia menekankan pentingnya sinkronisasi data antara instansi terkait untuk menghindari kebingungan dan ketidaknyamanan bagi masyarakat.

Jos Khalivan juga menegaskan bahwa KUA melayani masyarakat dengan mengikuti kitab suci dan peraturan perundang-undangan terkait pencatatan perkawinan. Dia berharap Disdukcapil dapat melakukan pemeriksaan langsung kepada pemohon untuk memastikan validitas data. (Sony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *