Kodim 0102/Pidie, Laksanakan Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana Alam

MutiaraindoTV, Kabupaten Pidie – Aceh. Bertempat di lapangan Sepakbola Gampong Blang Paseh, Komando Distrik Militer (Kodim) 0102/Pidie melaksanakan Apel Gelar Pasukan penanggulangan bencana alam, dengan dipimpin langsung Dandim Letkol Arm Wagino S.E. Kamis, 15 November 2018.

Dalam amanatnya Dandim mengatakan rasa bangga, kita telah rasakan bersama bahwa secara umum iklim kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara telah berjalan dinamis, aman, dan stabil, seiring kemajuan ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan termasuk situasi di wilayah Kabupaten Pidie, hal ini merupakan cerminan hasil pembangunan Nasional dan Daerah yang telah dan sedang dilaksanakan.

Pencapaian stabilitas keamanan yang kondusif tersebut tidak terlepas dari pengaruh satuan – satuan dan instansi di wilayah Kabupaten Pidie yang mampu mensinergikan seluruh daya kekuatan yang ada di Daerah, tingkat kepekaan dan respon yang cepat dari aparat dan instansi terkait di Daerah untuk meredam secara dini dan mengatasi dengan cepat terhadap setiap gejala gangguan keamanan yang muncul dan mencegah meluasnya setiap permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Salah satu kegiatan yang harus menjadi perhatian kita bersama adalah mengantisipasi potensi terjadinya bencana alam di wilayah kita, terutama banjir bandang dan tanah longsor, untuk itu kita harus bisa mewaspadainya karena tugas itu bukan semata – mata tugas TNI/Polri dan Pemda, akan tetapi merupakan tugas kita bersama.

Sebelum saya mengakhiri amat ini, ada beberapa arahan untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas kita kedepan :

a). Mantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa sebagai kekuatan dan landasan moral dalam menjalankan tugas pengabdian kepada Bangsa dan Negara.

b). Jadilah contoh/ teladan dalam mematuhi hukum, disiplin, dan tata tertib, baik dilingkungan, satuan, instansi pemerintah maupun dilingkungan masyarakat.

c). Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan satuan ataupun instansi terkait dalam mengantisipasi bahaya bencana alam di wilayah kita.

d). Sinergikan seluruh satuan dan instansi terkait dalam merespon kejadian bencana di wilayah Kabupaten Pidie agar bisa meminimalkan terjadinya korban jiwa dan harta benda.

Adapun peserta apel terdiri dari : 3 SST Anggota Kodim 0102/Pidie, 2 SST Anggota Yonif RK 113/Jaya Sakti, 1 SST Anggota Yonarmed 17/Komposit, Personel Subdenpom IM/1-3 Sigli, 1 SST Personel Polres Pidie dan 1 SST Gabungan Satpol PP Damkar, BNPB, dan PMI Kabupaten Pidie

Turut hadir dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan Siaga bencana alam tersebut Wakil Bupati Pidie Fadlullah TM Daud ST, Sekda Kabupaten Pidie Mulyadi S.Pd., MM., Ketua DPRK Pidie Muhammad AR, Spd, Kasdim 0102/Pidie Mayor. Arm Musani S.Pd., M.Sc, Wadanyon Armed 17/Komposit Kapten Arm Bayu Wirapratama S.sos, Kapolres Pidie diwakili oleh Kadugbakum Polres Pidie Akp Aiyub, Danton Bantuan Kipan C Yonif RK 113/Jaya Sakti Letda Inf Dian Ardiansyah, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Kabupaten Pidie Fauzi SH, Kabag Ops Pol PP dan WH Kabupaten Pidie Iskandar Abbas, Wakil ketua penasehat PMI Pidie Drs. H. Jamaluddin M.Si serta Para Danramil dan Perwira Staf Kodim 0102/Pidie.

Adapun tujuan apel kesiapsiagaan bencana tersebut dilaksanakan oleh Kodim 0102/Pidie sebagai langkah awal kesiapsiagaan aparat negara dalam membantu dan mengantisipasi permasalahan akibat terjadinya bencana alam, harapanya bila terjadi bencana alam dapat dengan cepat di atasi secara bersama – sama guna meminimalisir terjadinya korban.

Kegiatan tersebut juga sebagai wahana untuk memantapkan dan meningkatkan kemanunggalan dan kebersamaan TNI/Polri, Pemda, dan instansi terkait dalam rangka mendukung kemajuan pembangunan di wilayah Kabupaten Pidie. (Tim Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *