KOMISI I DPRD SITUBONDO SIDAK DUA DESA SEKALIGUS

MUTIARAINDOTV.COM, SITUBONDO – Komisi I DPRD Kabupaten Situbondo melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke dua kantor Kepala Desa yakni kepala desa Sumberkolak dan kantor kepala desa wringin anom, Kamis (06/01/2022).

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Situbondo, Janur Sasra Ananda, SE mengatakan, bahwa Komisi I DPRD Situbondo melakukan sidak Kantor Desa Sumberkolak dan Desa Wringin Anom Kecamatan Panarukan, itu dalam rangka untuk monitoring.

” Pertama yang kami monitoring yaitu kantor kepala desa Sumberkolak untuk menindak lanjuti proses kepala desa PAW terpilih yang mana sampai hari ini tidak ada laporan atau pengaduan ketidak puasan dari masyarakat, “kata Janur Sasra Ananda.

Selanjutnya, dia juga meninjau langsung ke lokasi karena ada beberapa pertanyaan yang perlu kami tanyakan terkait masalah Proses transisi aset atau laporan yang masih belum diselesaikan oleh kepala desa sebelumnya.

” Ini supaya menjadi perhatian pada penerusnya yang sekarang dan yang kedua kami berharap kedepan tidak ada kekecewaan atau ketidak puasan dari masyarakat harus diselesaikan secara kekeluargaan, “ujarnya.

Lebih lanjut, Politisi Partai Demokrat Situbondo itu menerangkan, sebenarnya ada pertanyaan yang kami sampaikan yaitu kenapa dari sekitar 14 ribu masyarakat yang mempunyai hak pilih, kenapa kok cuma terwakili 150 orang yang memiliki hak pilih. Karena untuk desa yang lain paling sedikit jumlah hak pilihnya sekitar 300 orang, pertanyaan berikutnya, yaitu apa yang dinamakan tokoh dan kriteria apa yang dikatakan tokoh.

” Dari pertanyaan-pertanyaan dari KomIsi I DPRD Situbondo, ternyata semuanya bisa terjawab dengan baik, “terang Janur Sasra Ananda.

Selain itu, Komisi I juga turun langsung ke desa wringin anom, Kecamatan Panarukan, disana pihaknya menindak lanjuti hasil temuan dari Inspektorat terkait masalah anggaran Bumdes yaitu sekitar 75 jutaan dan 700 ribu. Tetapi setelah kita kroscek dan kita lihat ternyata sudah ada tindak lanjutnya.

” Dari 75 juta lebih itu yang menjadi temuan tersebut sudah di kembalikan pada kas desa. Sehingga untuk selanjutnya di anggarkan lagi untuk tahun yang sekarang. “terangnya.

Menurutnya, semua Desa ini menjadi atensi komisi I DPRD Situbondo, contoh seperti Desa Sumberkolak kita masih fokus terkait dengan permintaan data pelimpahan aset yang sampai saat ini masih belum selesai. Akan tetapi mereka sudah berjanji mau dikirim.

” Sedangkan untuk desa wringin anom kita juga minta bukti bahwa dana yang jadi temuan Inspektorat itu sudah di setor ke Kas Desa, dengan menunjukkan lampirannya dan rencana tindaklanjutnya seperti apa, “pungkas Janur Sasra Ananda. (Syam).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *