“Lagi – Lagi”, Aparatur Desa Se-Kabupaten Nias Barat Diundang Bimtek Luar Daerah

MutiaraindoTV, Kabupaten Nias Barat  Sumatera Utara. Berdasarkan surat dari Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah Daerah tertanggal 14 Agustus 2019, dan Lembaga Diklat Manajemen Nasional (LDMN) tertanggal 15 Agustus 2019, yang disampaikan kepada seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Nias Barat, yang masing-masing dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus hingga tanggal 30 Agustus 2019 di Medan, dan pada tanggal 26 Agustus hingga tanggal 29 Agustus 2019 di Medan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo, dalam suratnya tertanggal 20 Agustus 2019 yang dialamatkan kepada seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Nias Barat menghimbau.

“Jika sesuai dengan program prioritas desa, maka saudara dihimbau untuk dapat mengikuti bimtek tersebut dengan mempertimbangkan kemampuan Keuangan Desa”.

Terkait dengan adanya 2 undangan dari penyelenggara Bimtek yang berbeda, Kepala Desa Fadoro Bahili Restueli Gulo, yang dimintai tanggapannya, Selasa 20 Agustus 2019 mengatakan tidak mempersoalkan hal tersebut.

“Saya tidak mempersoalkan hal itu, terkait adanya undangan dari 2 penyelenggara Bimtek tentu kita kembalikan kepada masing – masing Kepala Desa mana yang sesuai dengan prioritas Desa dan kebutuhan Desa itu sendiri. ”Ujarnya.

Restueli, yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Desa (APDESI) Kabupaten Nias Barat menjelaskan, terjadi perbedaan pendapat dikalangan para Kepala Desa dalam hal menanggapi postingan salah seorang Kepala Desa dalam sebuah Group WhatshApp.

Dengan mengklaim postingan tersebut merupakan hasil konsultasi kepada Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Barat yang menyebutkan, agar Bapak/Ibu Kepala Desa tidak mengikuti bimtek yang tidak direkomendasikan/dihimbau oleh Dinas terkait karena hal itu dapat menjadi temuan kepada kita, itu telah menjadi perdebatan dalam sebuah Group WhatshApp.

“Atas sebuah postingan di Group WhatshApp tersebut yang mengatasnamakan hasil konsultasi dari Kepala Dinas PMD perlu dikonfirmasi kembali apa sebenarnya rekomendasi yang dimaksud, dan apakah benar beliau telah menyampaikan demikian. Jika tidak, maka postingan dalam group WA tersebut perlu diklarifikasi oleh yang bersangkutan, agar tidak jadi polemik. ”Pungkasnya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Nias Barat Sozisokhi Hia, SH yang dikonfirmasi oleh Wartawan Media MutiaraindoTV pada Rabu, 21 Agustus 2019 diruang kerjanya membantah informasi tersebut.

“Saya tidak mengatakan bahwa ada rekomedasi dari dinas untuk para Kepala Desa yang hendak mengikuti Bimtek, yang saya maksudkan adalah tidak ingin mengintervesi siapapun yang mengikuti bimtek tersebut, ”ujarnya.

Terkait dengan adanya undangan kepada para Kepala Desa dari 2 lembaga penyelenggara Himtek, ia mengatakan tidak ingin mencampuri hal itu.

“Saya tidak ingin mencampuri soal Bimtek yang akan diikuti oleh para Kepala Desa, terserah mana yang cocok sesuai kebutuhan Desa. ”Ungkapnya. (AH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *