Lantik 17 Kades, Bupati Situbondo Ingatkan Jangan Asal Main Pecat Perangkat Desa

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR -, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, resmi melantik 17 Kades hasil Pilkades Serentak 2022, Rabu (7/12/2022). Acara tersebut berlangsung di Pendapa Arya Situbondo.

Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam sambutannya mengatakan bahwa, Atas nama Pemerintah Kabupaten Situbondo, mengucapkan selamat kepada saudara-saudara yang pada pemilihan kepala desa serentak beberapa waktu lalu telah berhasil merebut simpati mayoritas masyarakat dan dipercaya untuk mengemban amanah sebagai Kepala Desa periode 2022-2028.

Saya berharap, agar saudara-saudara selalu menjaga kepercayaan masyarakat dengan sebaik-baiknya dan menjalankan amanah serta bekerja sepenuh hati juga ikhlas dalam memimpin dan melayani masyarakat desa di tempat saudara bertugas, ’’tutur Bupati Karna Suswandi.

Bupati Karna juga menegaskan bahwa, penyelenggaraan Pemerintahan Desa merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

“Kepala desa sebagai salah satu unsur penyelenggara Pemerintahan Desa merupakan unit terdepan atau ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga menjadi faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah yaitu, terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Penyelenggaraan Pemerintahan Desa merupakan sub sistem dari sistem penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,” lanjutnya.

Oleh karena itu, Sambung Bung Karna, Kepala Desa mempunyai kedudukan yang strategis selaku pemimpin penyelenggaraan Pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa.

“ Melalui kesempatan ini, saya mengingatkan kepada Kepala Desa terpilih agar selalu terbuka terkait dengan pengelolaan keuangan desa, dimana setiap kepala desa agar berhati-hati dalam perencanaan anggaran, penggunaan anggaran, sampai dengan pelaporan anggaran. Pergunakanlah anggaran yang ada sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta selalu melibatkan setiap unsur masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan desa sehingga, tercipta hubungan yang baik dan saling memberi masukan antara kepala desa dan masyarakat. Kepada para Kepala Desa terpilih saya minta saudara untuk merangkul semua pihak dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada warga tanpa pandang bulu. Tidak ada lagi pendukung dan bukan pendukung, semua warga sudah menjadi tanggung jawab saudara. Sebagai seorang pemimpin hendaknya dapat menerima kritik dan saran dari masyarakat serta melaksanakan tugas yang telah diamanahkan dengan segenap kemampuan yang ada,’’ pesan Bung Karna.

Bung Karna dalam sambutannya juga mengatakan, Kades yang baru dilantik untuk tidak melakukan pemecatan kepada perangkat desanya.

” Dalam memberhentikan perangkat desa itu ada aturan dan ketentuannya. Oleh karena itu, kepada Kades yang baru dilantik untuk bekerjasama dengan perangkat desanya dengan baik, “ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Situbondo, Suriyatno, menjelaskan setelah acara pelantikan tersebut para Kades bakal mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas SDM.

“Itu sudah kami rencanakan tanggal 20 sampai 24 Desember di Pasir Putih, “ujarnya.

Adapun 17 Kepala Desa (Kades) terpilih yang dilantik antara lain Desa Curah Suri, Kecamatan Jatibanteng, Suliman; Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa, Suswanto; Desa Kalisari, Kecamatan Banyuglugur, Nur Aini; Desa Kembangsari, Kecamatan Jatibanteng, Helmi; Desa Kendit, Kecamatan Kendit, Rudiyanto; Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan, Sugiono; Desa Klampokan, Kecamatan Panji, Adi Arso; Desa Kotakan, Kecamatan Situbondo, Saiful Iman.

Selanjutnya, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Jangkar, Rahman Rudianto; Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan, Dodit Hariyanto; Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Matharis Subiyanto; Desa Sliwung, Kecamatan Panji, Veri Anis Saudi; Desa Sumberargo, Kecamatan Sumbermalang, Jalis; Desa Sumberejo, Kecamatan Banyuputih, Dwi Aris Suryono; Desa Sumberejo, Kecamatan Besuki, Hasanuddin; Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kendit, Zainul Hasan dan Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus, Edy Purwanto. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *