Lokasi Pantai Tanjungpakis di Pilih Untuk Selenggarakan Agenda Bimtek RT/RW Se-Desa Jejalen Jaya

MutiaraindoTV, Kabupaten Bekasi – Jawa Barat. Pemerintah Desa Jejalen Jaya, Kecamatan Tambun Utara selenggarakan agenda Bimbingan Teknik (Bimtek) Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan Desa RT dan RW se-Desa Jejalen Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi Tahun Anggaran 2023 yang bertemakan ” Dalam Rangka Optimalisasi Peran dan Fungsi RT/RW Dalam Pembangunan Desa”.

Dihadiri Kumpul selaku Kepala Desa, Saiman Hermawan selaku Sekdes, Ketua BPD Mato Widiantoro beserta anggota, Babinsa, Bimaspol, Umar Siswanto yang mewakili Camat Tambun Utara, Dwi Puspita dan Tri Handayani perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi selaku narasumber, seluruh RW, serta seluruh RT se-Desa Jejalen Jaya. Acara berlangsung di Pantai Tanjungpakis Pakisjaya Kecamatan, Kabupaten Karawang. Sabtu, 04 November 2023.

Umar Siswanto Kasipem Kecamatan Tambun Utara dalam pemaparannya menyampaikan, ” RT dan RW adalah kepala pemerintahan terbawah di desa, tugasnya langsung berhadapan dengan masyarakat. Kepala desa tidak akan bisa bekerja tanpa adanya RT dan RW, maka dari itu sangatlah penting bimtek buat mereka di laksanakan untuk menambah ilmu pengetahuannya.

“Untuk menjadi pemimpin itu tidak mudah, perlu kerjasama antara atasan dengan bawahan, RT dan RW adalah bagian dari pemerintahan di tingkat desa. Saat kepala desa mempunyai informasi, apa itu program bantuan sosial atau bantuan kesehatan dari hasil rapat di kecamatan sebaiknya kepala desa segera menyampaikan informasi tersebut ke RT dan RW, agar mereka bisa menyampaikan ke masyarakat. “Ujarnya.

“Sesuai Permendagri 18 Tahun 2018 di sebutkan RT dan RW adalah bagian dari Lembaga Kemasyarakatan Desa yang mana RT dan RW merupakan ujung tombak dalam suatu Pemerintahan Desa, “ucap Dewi Puspita

Lanjutnya, “tugas RT dan RW adalah membantu kepala desa dalam bidang pemerintahan, membantu kepala desa dalam menyediakan data kependudukan dan perizinan, dan melaksanakan tugas lain yang di berikan Kepala Desa.

Dikatakannya “RT dan RW wajib mempunyai struktur kepemimpinan, ada Sekertaris dan Bendahara, kalau di perumahan pasti ada struktur tersebut, kalau RT dan RW di perkampungan masih belum ada struktur kepemimpinan, semuanya di kerjakan sendiri, dari pendataan kependudukan atau yang lainnya, jadi kerjanya tidak efektif. “Pungkasnya.

Dalam sesi wawancara Kepala Desa Kumpul mengatakan, “Bimtek RT dan RW memang sudah di agendakan, namun baru bisa terlaksana pada hari ini, bimtek ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan agar mereka bisa memahami tugas dan fungsinya dalam membatu Pemerintahan Setingkat Desa.

“Saya berharap dengan adanya bimtek ini para RT dan RW bisa lebih bertanggung jawab dengan tugas mereka ke masyarakat, dari segi pelayanan ataupun memberikan informasi kepada masyarakat, apa itu soal bantuan sosial ataupun program kesehatan. Karena mereka adalah kepanjangan tangan dari Pemerintahan tingkat desa. “Ucap Kepala Desa Kumpul.

Lanjutnya, “semoga apa yang di sampaikan para narasumber dari Kasipem Kecamatan Tambun Utara dan dari DPMD Kabupaten tadi bisa meningkatkan pengetahuan para RT dan RW. “Pungkasnya. (Ali M)

Check Also

” Luar Biasa” Ketua RW 010 Perum Nuansa Indah Laksanakan Hewan Qurban

Kab Bekasi,Mutiaraindo TV –Ketua RW.010 HM Ainul Jakkin SH Melaksanakan Penyembelihan Hewan Qurban pada Hari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *