Masyarakat Desa Tanjung Baru Terima Kasih Atas Bantuan Kementerian Lingkungan Hidup

Bangunan Bantuan Dari Kementerian Lingkungan Hidup
Bangunan Bantuan Dari Kementerian Lingkungan Hidup

MutiaraindoTV, Kabupaten Komering Ulu – Sumatera Barat. Berkat bantuan Kementerian Lingkungan Hidup akhirnya Kabupaten Ogan Komering Ulu bisa memanfaatkan system pengelolaan sampah Re-Duce, Re-Use, Re-Cycle (TPS 3R) yang mengelola sampah atau limbah masyarakat. Yang sudah berjalan secara optimal. Berlokasi di atas lahan Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu. Sabtu, 15 September 2018.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Komering Ulu Slamet Riyadi mengatakan, dengan adanya Pembangunan Rumah Tempat Pengelolaan Sampah Re-Duce, Re-Use, Re-Cycle (TPS-3R). Ini diharapkan akan bisa lebih mengotimalkan system pengelolaan sampah di Kabupaten Ogan Komering Ulu, dengan adanya bantuan tersebut.

Kabupaten Ogan Komering Ulu sudah mendapatkan Penghargaan Adipura, ditambahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup. Atas bantuan Sistem Pengelolaan Sampah Re-Duce, Re-Use, Re-Cycle ini dapat memilah sampah yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Sebelum dibawah ke tempat pembuangan sampah akhir (TPA), “ungkap kepala Dinas.

Slamet Riyadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)

Ditambahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dimana sampah yang dapat didaur ulang atau tidak, yang dapat dijadikan sebagai pupuk dan sampah yang tak bermanfaat langsung dibuang di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Dikesempatan ini juga Kepala Dinas lingkungan hidup menyampaikan dalam lokasi pengelolaan sampah tersebut, akan ada tempat Pengomposan Sampah. Yang didampingi fasilitator, sekaligus akan dibentuk kelompok. Bertujuan kedepannya masyarakat dapat memanfaatkan hasil dari system pengelolaan sampah, yang bermanfaat bagi pertanian sebagai penganti pupuk.

Kepala Dusun Tanjung Baru Kabupaten Ogan Komering Ulu Ahmadi mengatakan, untuk Ukuran Tempat Pembuangan Sampah Re-Duce, Re-Use, Re-Cycle (TPS-3R) sekitar 8 m x 12 m. Bagian tengah rungan dibuat kosong, dikarenakan untuk menempatkan mesin.

Ahmadi Kepala Dusun Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja, Kabupaten Ogan Kemering Ulu (OKU)

Sambung Kepala Dusun Tanjung Baru pihaknya akan memperdayakan masyarakat sekitar  yang bertujuan membangun ekonomi kreatif.
Dengan adanya system pengelolaan sampah ini, masyarakat Desa Tanjung Baru, Kecamatan Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dapat membuat Pupuk Kompos.

Yang mana sampah di kumpulkan dari limbah masyarakat sekitar, yang mana selama ini sampah hanya langsung dibuang ke tempat pembuangan akhir. Tapi berkat bantuan Kementerian Lingkungan Hidup, mana sampah yang bisa di kelolah dapat di manfaatkan masyarakat.

Sebagai Penunjang Perekonomian berbasis Ekonomi Kerakyatan, dan juga dapat dimanfaatkan. Sebagai penganti pupuk di lahan Pertanian masyarakat sekitar, “ungkap Kepala Dusun. (Jum/Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *