Masyarakat Pemukiman Wihni Dusun Jamat (Linge) Dambakan Adanya Perbaikan Jembatan Kalaili

MutiaraindoTV, Kabupaten Aceh Tengah – Aceh. Warga Pemukiman Wihni Dusun Jamat, Kecamatan Linge, Kabuten Aceh Tengah dambakan adanya perbaikan Jembatan Kalaili. Mengingat jembatan yang selama ini menjadi akses satu – satunya masyarakat Lima Kampung dalam Pemukiman Wihni Dusun Jamat tersebut, kondisinya sudah sangat memperhatinkan. Rabu, 01 September 2021.

Pasalnya, lantai Jembatan yang terbuat dari bahan kayu tersebut telah lapuk dan banyak berlobang. Perlu diketahui, ada lima Kampung yang terletak di satu Pemukiman Wihni Dusun Jamat, diantaranya, Kampung Linge, Kampung Jamat, Reje Payung, Delong Sekinel dan juga Kuta Raje, selain itu, Pemukiman Dusun Jamat juga memiliki hasil bumi yang begitu melimpah, diantaranya adalah :

  • Kopi Rebusta.
  • Padi.
  • Pinang.
  • Kemili.
  • Surian.
  • Pete.
  • Kapu Laga.
  • Serai Wangi.
Zainuddin, Kepala Kampung Linge.

Disamping itu, daerah tersebut merupakan salah satu Daerah penghasil peternakan. Sayangnya hasil bumi yang begitu melimpah tidak dibarengi dengan akses jalan yang memadai, sehingga masyarakat disana acap kali hendak membawa hasil buminya untuk dipasarkan ke Kota Takengon sedikit merasa teroma akibat kondisi Jembatan yang telah banyak berlobang.

Sebagai informasi tambahan, Pemukiman Wihni Dusun Jamat merupakan daerah situs sejarah Kerajaan Linge, yang wilayahnya sudah terbentuk sebelum adanya Kerajaan di Aceh, yang menjadi cikal bakal Suku Gayo di bumi berhawa sejuk itu,

Masyarakat Pemukiman Wihni Dusun Jamat (Linge) Dambakan Adanya Perbaikan Jembatan Kalaili saat ditemui awak media pada hari selasa 31 Agustus 2021 kemarin di kediamannya menyampaikan, “kondisi Jembatan Kalaili telah lama mengalami kerusakan. Menurutnya, telah beberapa kali masyarakat melakukan gotong – royong menganti papan lantai jembatan tersebut,” yang namanya kayu meskipun sering kita ganti kan gak mungkin bertahan lama. “Kata Zainuddin.

Selain itu Zainiddin juga berharap kepada Pemerintah Daerah untuk dapat memperbaiki lantai Jembatan Kalaili yang telah banyak mengalami lapuk dan rusak tersebut, “kami berharap kepada Pemerintah Daerah untuk dapat menganti lantai jembatan yang tadinya mengunakan kayu dapat diganti dengan plat besi agar masyarakat tidak lagi was – was jika melintas jembatan ini. “Harap Zainuddin selaku Kepala Kampung Linge.

Secara terpisah Mahmuddin Kepala Kampung Kute Raja kepada awak media ini juga mengatakan, “masyarakatnya sangat mendambakan adanya perbaikan jembatan kalaili tersebut. Menurutnya dengan adanya diperbaiki lantai jembatan tersebut, akan memudahkan masyarakat membawa hasil bumi untuk dipasarkan ke Kota. “Ucap Mahmuddin Kepala Kampung Kute Raja. (Suyadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *