Mekanisme Daftar PPK/PPS Melalui SIAKBA

Mutiaraindotv.com, BONDOWOSO, JAWA TIMUR – Dalam waktu dekat Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) akan membuka pendaftaran untuk menjadi penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) di tingkat Kecamatan dan Desa, yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS.W

alaupun belum ada Pengumuman Resmi dari KPUD, tapi informasi media ini pendaftaran PPK dan PPS akan dilakukan pada ahir tahun ini. Dalam rekrumtmen nanti ada perbedaan dengan Pemilu sebelumnya.

“Karena dalam Pemilu mendatang menggunakan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sistem ini sudah dilegalisasi dan diluncurkan oleh KPU,” kata Junaidi, SH, Ketua KPUD.

Sistem SIAKBA ini, lanjutnya, belum banyak diketahui oleh warga Bondowoso yang ingin menjadi anggota PPK dan PPS. Cara mendaftar PPK dan PPS 2024 harus diawali dengan membuka link https://siakba.kpu.go.id/
Setelah itu klik login yang ada dalam tampilan website. Apabila belum memiliki akun, silahkan lakukan pendaftaran dengan cara mengklik ‘silahkan buat akun disini’.

Selanjutnya, lakukan registrasi dengan cara mengisi nama lengkap, email dan pasword.
Tunggu email balasan, kemudian aktivasi akun di email yang sebelumnya didaftarkan. Setelah akun dinyatakan aktif, lakukan login dalam website.

Dan terahir, lengkapi seluruh biodata lengkap sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Bebeda dengan Pemilu sebelumnya, pendaftar melakukan secara manual dengan mendaftar langsung membawa berkas persyaratan ke KPUD. Tapi sekarang pendaftarannya melalui online. (sam/zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *