Melestarikan Budaya Pasanggiri Ibing Kedungora – Leles

MutiaraIndoTV.com (GARUT)-
IPSI bekerja sama dengan APDESI serta KNPI Kecamatan Kedungora menggelar acara Pasanggiri Ibing, Kamis (30/12).

Pasanggiri Ibing diikuti oleh 14 (empat belas) Paguron yang berada di wilayah Kadungora dan Leles, dengan peserta dari berbagai tingkat anak, remaja, dewasa, pembina  dan sesepuh.

Ketua KNPI, Nanang berharap kegiatan Pasanggiri Ibing kali ini dapat berkesinambungan dan bukan hanya kegiatan rutinitas.

“Tapi lebih ke pembinaan yang signifikan baik dari segi SDM atau sarana dan prasarana yang dapat di fasilitasi oleh pihak kecamatan,” Kata Nanang.

Hal senada juga dikatakan,Teh Neng Candra. Tokoh masyarakat Paguron Kadungora ini mengusulkan agar Pasanggiri Ibing ini terus ditingkatkan dan dilestarikan.

” Kegiatan ini bisa meningkatkan motivasi, rasa percaya diri, dan juga prestasi di masa yang akan datang terutama tentu saja agar budaya karuhun tetap lestari,” tutur Teh Neng Candra.

Di tempat terpisah  Mang Duyeh (Owner) menyampaikan perasaan bangga dan mengapresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung  kegiatan tersebut.

” Karena salah satu komitmen kami adalah selalu hadir dan terus bergerak memanusiakan manusia dalam kepedulian kami terhadap generasi muda sebagai pewaris bangsa juga negara kita tercinta,” ujarnya kepada awak media.

Kegiatan Pasanggiri bertujuan membangun sinergitifitas antara paguron-paguron dalam melestarikan warisan budaya nusantara dan tentunya mencari atlit-atlit berbakat yang mampu menembus kancah nasional.(iskandar).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *