Membangun Jaringan Pemasaran Bisnis, PNK Melakukan Penyuluhan Komersialisasi Produk Usaha Mikro

MutiaraindoTV, Kabupaten Kupang – Nusa Tenggara Timur. Membangun jaringan pemasaran bisnis, Politeknik Negeri Kupang (PNK) melakukan penyuluhan komersialisasi produk usaha mikro pada masyarakat Pantai Liman, Pulau Semau, Kabupaten Kupang.

Penyuluhan komersialisasi produk usaha mikro yang diselenggarakan oleh Lembaga Politeknik Negeri Kupang sebagai elemen pokok dalam Tridharma Perguruan Tinggi, dan juga sebagai wujud nyata dalam memberikan kontribusi langsung melalui penyuluhan serta pelatihan kepada masyarakat berupa ilmu yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari – hari.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Penelitian dan Proggram Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Kupang (P3M PNK), melalui Jurusan Akuntansi di Kantor Desa Uitiuhtuan, Kecamatan Semau Selatan.

Irwan, SE., M.Si selaku Ketua Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Kupang dalam sambutannya mengatakan sumber ekonomi utama berasal dari sektor pariwisata, sehingga akan lebih baik jika masyarakat dilatih membuat usaha produk mikro sebagai bentuk daya tarik yang mendukung sektor pariwisata.

“Kita akan berusaha mengajarkan masyarakat cara melakukan promosi dengan menggunakan keahlian usaha mikro yang ada, “ungkap Irwan. Senin, 14 Desember 2020.

Lanjutnya, “program ini pun mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang juga bertekad menjadikan Pulau Semau khususnya sektor pariwisata menjadi lebih baik.

“Kita akan menjadikan Pulau Semau khususnya sektor pariwisata, apalagi dari segi soft skill nya sehingga wisata pantai lebih dikenal di ruang lingkup yang lebih luas. “Tandas Irwan.

Hal senada juga disampaikan oleh Clara Margilina Reinamah, SST., MM., Ak., CA, selaku Ketua Tim Pengabdian Jurusan Akuntansi.

“Program pengabdian masyarakat ini nantinya diharapkan menjadi media dalam membangun kerja sama, antara akademisi dengan masyarakat sebagai bentuk kepedulian dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan penerapan ilmu sebagai bentuk tujuan pendidikan vokasi pada Politeknik Negeri Kupang. “Tutur Clara.

Lanjut Clara, di sela penyampaian materi juga ditunjukan demo produk beserta analisis bisnis.

“Untuk produk Sambal Cumi dan Dodol Rumput Laut dengan merk jual Semau Gue, sebagai bentuk inovasi branding produk mikro serta daya tarik wisata Pantai Liman. Dalam kesempatan ini dijelaskan juga tentang cara melakukan pengemasan yang higienis, dengan tampilan yang lebih menarik beserta estimasi keuntungan yang bisa diperoleh”.

Adapun peserta berasal dari masyarakat yang menjalankan usaha mikro di sekitaran Pantai Liman berjumlah 12 orang, yang akan dibina dengan membentuk 2 kelompok usaha lanjutan.

Pantauan media ini peserta dan juga masyarakat sangat antusias menerima materi yang disampaikan oleh Ibu Hapsa Usman, SE., MM dalam bentuk diskusi yang diselingi dengan humor. (Alden)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *