Berita TerbaruRagam & Peristiwa

Miris, Tempat Parkir Disdukcapil Situbondo di Tepi Jalan, Rawan Kecelakaan

×

Miris, Tempat Parkir Disdukcapil Situbondo di Tepi Jalan, Rawan Kecelakaan

Sebarkan artikel ini

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR  – Tempat parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Situbondo dikeluhkan oleh para pemohon dokumen dan para pengguna jalan. Sebab, tempat parkir yang sudah ada tempatnya atau tersedia yang telah dibangun melalui anggaran pemerintah itu tidak diperbolehkan untuk ditempati parkir bagi masyarakat atau pemohon dokumen Adminduk, sehingga parkir ditepi jalan, Senin (08/07/2024).

Pasalnya, salah satu pusat tempat pelayanan masyarakat (Disdukcapil, red) itu tidak memfungsikan tempat untuk parkir kendaraan roda dua milik pemohon/masyarakat. Alhasil para pemohon carut marut memarkirkan kendaraannya ditepi  jalan dengan sembarangan akhirnya membuat para pendara yang melintas di Jalan Sucipto depan Kantor Disdukcapil rawan kecelakaan.

Pengamatan awak media dilokasi, tepatnya di depan Kantor Disdukcapil Kabupaten Situbondo, meski bukan tempatnya. Namun dipaksakan parkir di badan jalan. Beberapa hari belakangan, jalan raya di seputaran Kantor Disdukcapil Situbondo sering macet terutama pada hari hari efektif masuk jam kerja. sangat miris, rawan kecelakaan.

Hal ini karena banyaknya warga yang mengurus perubahan, penerbitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil jelang Pilkada Tahun 2024.

Tapi kendaraan mereka yang memakai roda dua dan empat harus parkir di bahu jalan. Hal tersebut yang kemudian membuat lalu lintas kadang tersendat bahkan sering macet.

Bang Sukur (38) salah satu pengguna jalan asal Kelurahan Paraaman, Situbondo yang mengeluhkan carut marutnya parkiran di Kantor Disdukcapil Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pihaknya mengatakan, jika setiap lewat di kawasan jalan Sucipto depan Kantor Disdukcapil Kabupaten Situbondo selalu carut marut. bahkan beberapa kali ia melihat hampir saja sepeda motor tertabrak mobil  karena mau keluar dari parkiran.

” Setiap lewat sana pasti carut marut, berantakan parkirnya. Bahkan saya pernah melihat hampir saja sepeda motor tertabrak mobil karena sepeda motor mau keluar parkir dengan jalan mundur, “kata Bang Sukur, Senin (08/07).

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Situbondo, Dra.Hj.Tri Cahya Setianingsih, MM dikonfirmasi awak media ini melalui WhatsAppnya menjelaskan, bahwa untuk parkir sudah di fasilitasi petugas parkir oleh Dishub Kabupaten Situbondo.

Sambung dia, mengingat fasilitas parkir di dalam halaman samping kantor Disdukcapil tidak memungkinkan, karena aktifitas roda 4 kantor yang setiap saat keluar masuk. Sedangkan fasilitas parkir belakang hanya cukup untuk karyawan kantor Disdukcapil.

” Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Situbondo memang mempunyai parkir yang tidak memadai, sebab tidak bisa menampung sepeda motor dan mobil, “tulisnya.

Menurutnya, fasilitas memang terbatas di Kantor Disdukcapil memang tidak dapat memfasilitasi parkir pemohon. Hal itu sudah sejak saya belum jadi Kadis Dukcapil.

” Kami sudah berkirim surat ke Dishub Kabupaten Situbondo untuk memfasilitasi petugas parkir di tepi jalan raya. Sebab, saya sendiri saja sering kesulitan karena parkir kendaraan yang sering mepet ke pintu keluar. Tapi mau bagaimana lagi ?. Kondisinya memang begitu. Insya Allah kalau pelayanan DUKCAPIL sudah di MPP, sudah tidak ada lagi yang parkir di tepi jalan raya, “pungkasnya.

Terpisah, KRI Satlantas Polres Situbondo, IPDA DONI saat dihubungi awak media menjelaskan bahwa, pihaknya hanya bisa membantu mengatur lalu lintas dan memberikan imbauan. (Sony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *