Uncategorized

Nyi Roro Kidul Warnai Karnaval Desa Kotakan

×

Nyi Roro Kidul Warnai Karnaval Desa Kotakan

Sebarkan artikel ini

Mutiaraindotv.com, Situbondo – Bentuk rasa perhormatan terhadap para pahlawan serta para leluhur yang telah berjuang demi bangsa Indonesia, Pemdes bersama warga masyarakat Desa Kotakan gelar acara sakral memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023.

Peserta Karnaval saat foto bersama di finis. (Foto: Bro)

Karnaval tersebut sengaja dibalut dengan mengangkat tajuk “Karnaval Kotakan Bergerak“tidak lain bertujuan agar para generasi penerus selalu mengingat terhadap para pejuang yakni pahlawan.

Kades Kotakan H. Saiful Iman yang memimpin langsung sekaligus ikut serta dalam memeriahkan karnaval berjalan kaki penuh semangat dimulai dari start Dusun Kotakan Cangkreng perbatasan Desa Kalibagor hingga finis Dusun Kotakan Utara.

H. Saiful Iman yang didampingi istri dengan iringan seluruh jajaran Pemdes Kotakan yang dikawal ketat Forkopimka dan anggota BPD melepas ribuan peserta karnaval dengan penuh kasih.

Kades Kotakan ini berharap, melalui tema tersebut diharapkan seluruh masyarakat Desa Kotakan semakin rekat, bersatu guyup rukun memajukan desa.

Sebelum acara puncak karnaval Pemdes Kotakan juga melaksanakan berbagai kegiatan perlombaan seperti gerak jalan unik antar RT, lomba kelengkapan administrasi para ketua RT dan perlombaan lainnya. Warga masyarakat tumplek bleg tanpa terkecuali semua turun ke pinggiran jalan mulai dari jam 9.00 WIB hingga 17.25 WIB hingga jalan dibuat macet.

” Kali ini antusias warga luar biasa mengikuti karnaval. Hampir seluruh warga terlibat dalam kegiatan ini, “ujar H. Saiful Iman kepada Mutiaraindotv.com, Minggu (27/08/2023).

Para peserta karnaval terdiri dari seluruh RW dan RT dari beberapa dusun dan semua siswa – siswi TK, SDN, MI serta para dewan guru. Juga dengan rancak membalut tubuhnya pergunakan busana NYI Roro Kidul dan busana khas pejuang / pahlawan Situbondo.

Tidak kalah mencolok peserta dari lingkungan RT 30 RW 11 Dusun Kotakan Cangkreng yang gemuruh dengan suara menggelegar sound sistem dugem warga dibuat jantung berdetak saking kerasnya suaranya tersebut. Yang dikomandani oleh Ketua RT 30, Hady Anwara dan owner PT. Ratu Karaoke Group, Chichi Ratu tumpah ruah ramaikan Karnaval Kotakan Bergerak.

“Persiapan kegiatan ini terbilang pendek, sekitar 1/2 bulan. Kami menggerakkan pemuda pemudi dan seluruh warga RT 30 sebagai panitia khusus dalam kegiatan ini,”ungkapnya.

Chichi menyambut gembira peringatan kemerdekaan ini. Menurutnya, kegiatan ini menumbuhkan hal positif masyarakat dalam mengisi kemerdekaan. Selain itu meningkatkan rasa kebangsaan terhadap Desa Kotakan.

“Sebab tanpa campur tangan dan pemikiran masyarakat Kotakan siapa lagi yang mampu memajukan desa,”terang Chichi.

Chichi bersama suaminya juga seluruh karyawannya mengenakan kostum adat khas Madura lengkap dengan Odheng itu mengajak seluruh masyarakat Desa Kotakan bersama-sama turut mendo’akan para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangkan saat melawan para penjajah.

“Perjuangan panjang para pahlawan ini monggo kita isi dengan melakukan hal-hal positif untuk masa depan dan cita-cita,” Ajak Chichi.

Sekadar informasi, kegiatan karnaval dimeriahkan dengan berbagai kreativitas warga mulai dari alat peralatan mesin tempur, atraksi, Joget dugem koplo, tarian Gandrung, Can Macanan, jaranan dan atraksi pencak silat Tapak Suci dan Pagar Nusa ranting Desa Kotakan ikut meriahkan karnaval ini. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *