Outbound Bertujuan Agar Pelajar Bisa Saling Memahami Arti Kebersamaan Dan Kekompakan

MutiaraindoTV, Kabupaten Musi Rawas Utara – Sumatera Selatan. Satgas TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-104 Kodim 0406/MLM (Musi Rawas, Lubuklinggau, Musi Rawas Utara), melaksanakan kegiatan non fisik penyuluhan Bela Negara dalam membentuk Jiwa Generasi Muda Melalui Outbound di Kecamatan Nibung, Kabupaten Musi Rawas Utara. Minggu, 10 Maret 2019.

Satgas TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-104 Kodim 0406/MLM, menyelenggarakan kegiatan Outbound bagi para Pelajar MAN Darusalam Nibung Dan SMP Sumber Makmur yang dilaksanakan dilapangan Sepak Bola Kelurahan Karya Makmur, Kecamatan Nibung.

Kegiatan outbound ini dipimpin langsung oleh Bintara Jasmani Sertu Adi Purnomo beserta anggota yang tergabung dalam Satgas TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-104 Dan berkaloborasi, dengan Guru Indonesia Mengajar Ibu Dede di Kecamatan Nibung.

Kegiatan yang di laksanakan, bertujuan untuk menjalin kekompakkan antar pelajar dengan pelajar yang lainnya. Kegiatan ini diharapkan agar dalam kegiatan sehari – hari para pelajar dapat mengaplikasikan di lapangan. Dengan tidak meninggalkan faktor komunikasi, dedikasi dan rasa tanggung jawab,” tegas Sertu Adi Purnomo.

Dikatakan juga oleh Sertu Adi Purnomo bahwa Kegiatan Outbound tersebut, juga dalam rangka pembinaan sumber daya manusia terhadap generasi muda untuk membentuk generasi yang berkarakter, berdedikasi tinggi, disiplin dan cinta tanah air guna terciptanya kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan negara.

“Ini sesuai dengan tugas TNI dalam rangka menyiapkan sistem pertahanan rakyat semesta,” ungkapnya.

Untuk kegiatan outbound di lapangan dipandu oleh Kopda Heri Kuswanto, dimana permainan yang disuguhkan ada 5 materi, yaitu :

  1. Rayapan Tali Satu.
  2. Rayapan Tali Dua.
  3. Jembatan Tali Satu.
  4. Kawat Jingkat.
  5. Merayap Halang Rintang.

Kopda Heri Kuswanto mengharapkan dengan adanya kegiatan ini tidak hanya semata – mata untuk bermain saja, akan tetapi terkandung maksud yang baik yaitu agar si pelaku dalam kegiatan sehari – hari dan dalam berorganisasi harus mempunyai rasa tanggung jawab.

“Berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Segala sesuatu akan terlaksana dengan baik apabila adanya kerja sama, kordinasi dan komunikasi yang baik,” tegas Kopda Heri Kuswanto

Adapun Sasaran dari kegiatan ini, adalah:

  1. Terwujudnya generasi muda Indonesia yang memiliki kepribadian Pancasila.
  2. Tumbuh kembangnya generasi muda sebagai warga negara Indonesia yang berkarakter.
  3. Terbentuknya fisik dan mental serta kepribadian yang tangguh di kalangan generasi muda menghadapi berbagai pengaruh yang negatif.
  4. Terwujudnya generasi yang mandiri, peduli, bertanggung jawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat.
  5. Terwujudnya generasi muda yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan kesadaran Bela Negara.

(Pendim 0406/MLM-Arif)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *