Panitia Pelaksaan Rakor Kementerian Desa Terkesan Seremony Saja

Mutiara IndoTV, Kabupaten Musi Rawas – Sumatera Selatan. Dalam rangka kegiatan Rakor dari Kementrian Desa  (Kemendes) hanya melakukan paparan saja, dan sibuk mengurusi absensi Tamu Undangan saja. Bukan mengontrol sebatas mana tujuan dari pelaksanaan Rakor ini, apa sudah berjalan sesuai dengan arahan dari Kementrian Desa. Diselah paparan laporan dari Dirjen yang di wakilkan Ir. Eppy dan Ir. Sondang, tentang bagaimana penggunaan Dana Desa (DD), serta diskusi dalam pemecahan permasalahan di desa. Selasa, 08 Mei 2018.

Tapi kepala Desa dan Perangkat Desa malah asik dengan kesibukannya sendiri, dengan berselpi dan ngobrol. Serta ada yang malah diluar tempat acara kegiatan, padahal acara ini sangat penting bagi Perangkat Desa dalam penggunaan Dana Desa (DD).

Dan bagaimana cara penggunaan system pengelolaan Dana Desa (DD) yang harus bersifat transparan, akuntabel dan bekerjasama dengan masyarakat. Dalam mekanisme kegiatan dari Dana Desa (DD) tersebut.

Yang akhirnya diterima Kepala Desa dan Perangkatnya hanyalah menghadiri saja, tanpa mendapatkan Ilmu dari bagaimana penggunaan Dana Desa (DD) yang baik dan benar sesuai dengan peraturan yang ada.

Salah satu pegawai PMD Kabupaten Musi Rawas mengatakan, “bagaimana kita bisa mengatur dan mengarahkan Kepala Desa dan Perangkatnya. Mereka sudah besar bukan anak TK pak, yang harus kita tegur dan suruh masuk. Harusnya kesadaraan mereka sendiri, karena kegiatan rakor ini kan bermanfaat desa mereka.

Bagaimana cara pemanfaatan dan penggunaan Dana Desa (DD) yang benar, dan bermanfaat bagi desa dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa. Intinya seharusnya para Kepala Desa dan Perangkat Desa, mengikuti acara Rakor Kementrian.

Yang sangat bermanfaat bagi mereka sendiri, dalam Pemberdayaan Pembangunan Kesejahteraan Masyarakat Desa. Sedangkan salah satu Kapala Desa HA mengatakan, “kami nil ah capek abis mengikuti kegiatan Outbound yang dilaksanakan oleh BPMD Kabupaten Musi Rawas.

Yang sekitar jam 12 malam kami semua pulang, dengan kondisi hujan yang cukup deras yang membuat rekan kami sesama Kepala Desa ada yang demam. Yang tak dapat hadir saat ini. Kami pun yang hadir disini capek dan lemas, serta ngantuk. Makanya, “kami tidak sepenuhnya mendengar.

Apa yang disampaikan oleh Dirjen Pemberdayaan Pembangunan Desa. Sebab waktunya kami anggap tak pas, jadi harap maklum saja kalau kami ada yang tidur, sebab masih capek dengan kondisi badan tak fit. (Barmawi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *