Pansus Menemukan Prinsip 6 Tepat Penyaluran Pupuk Bersubsidi Tidak Jalan

Mutiaraindotv.com, BONDOWOSO, JAWA TIMUR-Salah satu anggota Pansus Pupuk Bersubsidi, H. Tohari, S.Ag mengungkapkan, dari hasil Inspeksi Mendadak (Sidak) ke sejumlah Gudang Distributor, banyak ditemukan penyaluran pupuk bersubsidi tidak sesuai 6 Tepat.

“Tepat Harga, harga yang diterima petani sesuai dengan patokan yang ditetapkan pemerintah. HET pupuk bersubsidi Rp 225 ribu/kw, tapi realita dilapangan tembus angka 500 ribu lebih,” paparnya, senin 26/9.

Kemudian, lanjutnya, tidak Tepat Tempat. Penyaluran sesuai dengan lokasi, tempat yang membutuhkan. Tidak Tepat Waktu, diterima petani saat membutuhkan. Faktanya, setiap petani butuh pupuk bersubsidi, pada saat yang bersamaan pupuk tersebut menghilang.

Ditambahkan, yang tepat hanya dua, yaitu tepat jenis, jenis yang disalurkan sesuai dengan yang butuhkan dan tepat jumlah, jumlah yang dikirimkan pada petani sesuai dengan kebutuhan.

Menanggapi hal itu, Ketua KP3, Drs. H. Bambang Sukwanto, MM memaparkan, pihaknya sudah mengumpulkan Kades dan Camat di Pendopo agar melakukan Musdes husus membahas alokasi kebutuhan Pupuk Bersubsidi.

“Kalau Kades belum menggelar Musdes, saya akan perintahkan Dinas Pertanian segera bersurat kembali kepada seluruh Kades dan Camat untuk menyusun e-RDKK dalam Musdes,” kata Bambang.

Di tempat yang sama, Iyan Fajri, VP Sales Region 4A Pupuk Indonesia mengapresiasi anggota Pansus yang telah bekerja keras mengungkap carut-marut pendistribusian Pupuk Bersubsidi.

“Kami akan menunggu rekomendasi Pansus pada kami untuk ditindaklanjuti. Semua sepakat, pupuk bersubsidi sampai ke petani tepat waktu dan tepat harga. Kalau dikemudian hari ditemukan pelanggaran oleh Distributor, kami siap memberikan sanski,” janji Iyan.

Pada ahir Rakor, Ketua DPRD H. Ahmad Dhafir mengingatkanb kembali kepada PI, bahwa Distributor memanfaatkan kelemahan regulasi untuk melakukan penyelewengan. Hal ini harus menjadi perhatian PI. (sam/zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *