Pelunasan Biaya Haji Tahap Pertama Ditutup, Porsi Haji Kalsel BerKurang 93 Orang Jemaah

Mutiaraindotv – Banjarmasin, Masa perpanjangan pelunasan Biaya Perjalanan Ibdah Haji (Bipih) tahap pertama telah ditutup pada hari ini, Jumat, 12 Mei 2023.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kalsel, Dr. H. Muhammad Tamrin, M.M.Pd menjelaskan, jumlah Porsi Jema’ah Haji Kalimatan Selatan yang berhak melunasi Bipih pada pelunasan tahap 1 adalah 3.818 orang (Non Cadangan) dan 358 orang (Cadangan). Selanjutnya pada perpanjangan pelunasan ada tambahan cadangan sebanyak 191 orang, sehingga totalnya jema’ah haji Kalsel yang berhak melunasi Bipih menjadi 4.367 orang.

Selanjutnya, berdasarkan data rekapitulasi pertanggal 12 Mei jema’ah haji yang telah melunasi Bipih berjumlah 3.725 orang dan yang tidak melunasi Bipih sebanyak 542 orang.

” Berdasarkan data tersebut, maka porsi jema’ah haji Kalimantan Selatan yang berjumlah 3.818 dikurangi dengan jumlah yang sudah melunasi secara keseluruhan cadangan dan non cadangan sebanyak 3, 725. Maka kekurangan porsi jema’ah haji dari Provinsi Kalimantan Selatan, hanya 93 jemaah ”, ucapnya Jumat, 12 Mei 2023.

Tambrin mengungkapkan, kekurangan porsi ini tidak hanya terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan saja, akan tetapi juga terjadi di Provinsi lain pun demikian. Oleh karenanya kita tunggu saja upaya selanjutnya dari Pemerintah Pusat terhadap kekurangan kouta tersebut. “‘ Apakah nanti akan ada pelunasan tahap dua atau bagaimananya kita tunggu saja kebijakan selanjutnya ‘”, katanya.

Tambrin menyebutkan, ada beberapa alasan yang menjadi sebab bagi jemaah haji untuk tidak dapat melunasi yakni :

  1. Karena Sakit,
  2. Menunggu Penggabungan Mahram,
  3. Menunggu Pendampingan Lansia,
  4. Belum Ada Biaya,
  5. Wafat,
  6. Hamil/Menyusui,
  7. Pembatalan Haji,
  8. Sudah Pernah Berhaji, dan
  9. Menunda Dengan Alasan lainnya.

Berdasarkan data rekafitulasi, alasan yang paling banyak jemaah haji tidak melunasi Bipih, dikarenakan dua hal yakni :

  1. Karena Menunggu Penggabungan Mahram sebanyak 125 orang,
  2. Belum Ada Biaya sebanyak 104 orang,
  3. Menunda dengan alasan lain sebanyak 111 orang,
  4. Selebihnya karena alasan lainnya sebagai mana yang saya sebutkan sebelumnya, katanya.

Terakhir Tambrin mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk dapat bersama sama menyukseskan penyelenggaraan pemberangkatan ibadah haji di banua, terkhusus kepada para jemaah haji yang sudah melakukan pelunasan sembari menunggu masa pemberangkatan, agar senantiasa menjaga kondisi kesehatannya serta menambah pengetahuan tentang manasik haji.

Dijadwalkan jemaah haji Kloter pertama akan masuk Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin pada tanggal 28 Mei 2023 dan selanjutnya diberangkatan pada tanggal 29 Mei 2023. (Rel/ yuday)

Check Also

Sambut HUT Kodam III/Siliwangi, Kodim 0619/Purwakarta Gelar Bhakti Sosial Donor Darah

MutiaraindoTV, Kabupaten Purwakarta – Jawa Barat. Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam III/Siliwangi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *