Pemkab Bondowoso Siapkan Rp 60M Untuk Pemilu 2024

Mutiaraindotv.com, BONDOWOSO, JAWA TIMUR -Tahun 2024 merupakan tahun politik. Karena akan diselenggarakan Pemilu. Baik Pemilu Legislatif Kabupaten/Kota, Provinsi, maupun RI. Bahkan juga akan digelar Pemilu Pilbup Bondowoso.

KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggaran Pemilu (Pemilu Pileg dan Pilbup Bondowoso) telah mengajukan anggaran pada Pemkab. Sebagai biaya operasional penyelenggaraan.

Berkaitan dengan pengajuan anggaran Pemilu oleh KPU dan Bawaslu, Bupati Drs. KH. Salwa Artifin mengatakan, Pemkab Bondowoso menyiapkan Rp 60M. Anggaran tersebut akan diberikan dua tahap.

“Tahap pertama 40% atau Rp 24M melalui APBD tahun 2023. Sedangkan sisanya, akan dianggarkan pada APBD tahun 2024. Tahapan-tahapan penyelenggaraan sudah mulai dilakukan oleh KPU dan Bawaslu,” kata Kyai Salwa, sapaan Bupati.

Tahapan awal, lanjut Pengasuh PP Mambaul Ulum Tangsel Wetan Kecamatan Wonosari ini, rekrutmen anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Ditempat yang sama, Ketua KPUD, Junaidi, SH menjelaskan, disamping melakukan rekrutmen anggota PPK, KUP juga melakukan pendaftaran Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu, verivikasi faktual anggota Parpol, dan sosialisasi pada masyarakat.

“Saya berharap, Pemilu yang akan datang lebih berkualitas. Oleh karena itu, kami juga fokus melakukan sosialisasi pada pemilih pemula. Untuk memetakan lokasi rawan konflik, kami berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),” jelasnya. (sam/zen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *