Pemkab Gelar Sosialisasi Jabatan Fungsional

SOSIALISASI JABATAN : Puguh Wardoyo, Kabag Organisasi Pemkab Situbondo saat menyampaikan laporan kegiatan sosialisasi tindak lanjut pasca penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional. (Syam)

Mutiaraindotv.com, Situbondo – Untuk memberikan pemahaman tentang arah kebijakan penyederhanaan birokrasi Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Bagian Organisasi menggelar kegiatan sosialisasi tindak lanjut pasca penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional, Kamis (27/1/2022).

Acara yang ditempatkan di Pendopo Bupati Situbondo itu dihadiri langsung sekaligus mewakili Bupati Situbondo yakni Sekretaris Daerah, H.Syaifullah. Tampil sebagai pembedah kegiatan yakni Dr Rozi Beni (Kasubid Wilayah II, Fasilitasi Kelembagaan dan Perangkat Daerah Ditjen Otda) serta Ranto Bernard, (Analis Kepegawaian Ahli Muda, Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan Perangkat Daerah, Ditjen Otda).

Kabag Organisasi Puguh Wardoyo mengatakan, acara sosialisasi mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17 Tahun 2021 tentang penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional. Dasar kedua, imbuh Puguh, mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 25 Tahun 2021 tentang penyederhanaan struktur organisasi pada instansi Pemerintah untuk penyederhanaan birokrasi.

“Dasar kegiatan ini mengacu pada dua aturan itu,” jelas Puguh.

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya sosialisasi, imbuh Puguh, untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang arah kebijakan penyederhanaan birokrasi. Lalu tujuan yang lain, paparnya, untuk menjamin seluruh tugas dan fungsi pemerintahan berjalan dengan maksimal.

“Ini diadakan agar dapat mencapai tujuan sehingga proses transisi dalam penyederhanaan birokrasi ini tidak menyebabkan proses bisnis berhenti. Atau tidak ada hambatan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat,” ulas Puguh.

Sementara itu, untuk metode sosialisasi dilakukan pengarahan Bupati Situbondo yang diwakili Sekdakab H Syaifullah. Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh para narasumber; diskusi serta tanya jawab.

“Kami menghadirkan dua penyaji materi, diantaranya Dr Rozi Beni (Kasubid Wilayah II, Fasilitasi Kelembagaan dan Perangkat Daerah Ditjen Otda) serta Ranto Bernard, (Analis Kepegawaian Ahli Muda, Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan Perangkat Daerah, Ditjen Otda),” beber Puguh.

Masih kata Puguh
peserta sosialisasi diikuti sekitar 200 orang yang terdiri dari peserta tatap muka langsung yang dii kuti sebanyak 90 orang yang terdiri dari Kepala Dinas/Badan, Kepala Bagian di lingkungan Sekretariat Daerah yang masing-masing mengikutsertakan 2 orang pejabat fungsional hasil penyetaraan jabatan.

“Sisanya peserta secara daring yang diikuti oleh para Sekretaris Perangkat Daerah, Kepala Bidang dan Pejabat Fungsional hasil penyetaraan jabatan,” pungkas Puguh. (Syam).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *