Berita TerbaruPemerintahanRagam & Peristiwa

Pemkab Situbondo Mengadakan Baksos Periksa Mata Dan Operasi Katarak Gratis

×

Pemkab Situbondo Mengadakan Baksos Periksa Mata Dan Operasi Katarak Gratis

Sebarkan artikel ini

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Operasi katarak gratis “Semangat Soca Terak” merupakan langkah positif yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Situbondo untuk meningkatkan kesehatan mata masyarakat dan meminimalisir kebutaan akibat katarak bertempat di Gedung Serbaguna Kabupaten Situbondo, Selasa (2/7/2024).

Program ini diharapkan dapat membantu banyak orang untuk kembali melihat dengan jelas dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Oleh karena itu, yang mengalami katarak bisa menyambut ini dengan baik, hanya membawa KTP saja kita sudah bisa melakukan pemeriksaan dan operasi katarak gratis.

Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Situbondo, Drs. H. Karna Suswandi, MM, Wakil Bupati Situbondo, Hj. Khoirani, Sekretaris Daerah Situbondo, Wawan Setiawan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo dr. Sandu Hendrayono dan Ketua Umum TP PKK Situbondo, OPD, Serta para undangan lainnya.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan bahwa, ini kolaborasi antara Dinas Kesehatan dan JFF untuk menyelenggarakan operasi katarak gratis bagi 1500 orang. Inisiatif ini didasari oleh tingginya jumlah penderita katarak di Kabupaten Situbondo yang tidak terlayani selama pandemi Covid-19.

“Penderita katarak di Kabupaten Situbondo masih banyak. Karena selama pandemi Covid-19 kita tidak melaksanakan bakti sosial operasi katarak gratis ini. Oleh karena itu, pada tahun 2024 ini kita akan melaksanakan operasi katarak kepada ribuan penderita. Jadi hanya fengan KTP, masyarakat Ditubondo sudah bisa mengikuti operasi katarak,” jelas Bupati Karna.

Sementara itu, Kepala Dinkes Situbondo, dr. Sandy Hendrayono, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk meminimalisir kebutaan akibat katarak.

“Diharapkan dengan adanya operasi katarak gratis ini, kebutaan akibat katarak di Situbondo dapat diminimalisir. Selain itu, perlu dilakukan upaya edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pemeriksaan mata secara berkala, agar katarak dapat terdeteksi dan diobati dengan cepat,” ucapnya. (Sony)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *