Pemkot Melalui Dispursip Lubuklinggau Melaksanakan Pendampingan Dan Peyerahan E-Arsip (Aplikasi Sikd)

author
Penulis: 
400 dilihat

Mutiaraindotv, Perpusip Lubuklinggau – Sumatera Selatan, Pemerintah Kota Lubuklinggau melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau, melaksanakan Pendampingan dan Penyerahan E-Arsip (Aplikasi Sikd) wilayah II Sumatera Selatan. Adapun pelaksanaan ini dilaksanakan di Ruang Video Visual Perpustakaan dan Kearsipan Lubuklinggau, Jalan Garuda, Kecamatan Barat II Kota Lubuklinggau. Rabu, 09 Oktober 2019.

Acara Pembukaan Pendampingan dan Penyerahan E-Arsip ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Walikota Lubuklinggau H. SN. Prana Putra Sohe, yang diwakilkan oleh Asisten III Kahlan Bahar, dan juga dihadiri langsung dari Bidang Kearsipan Pak Supriyono, Hendro dan PLH Bidang Kearsipan Pak Haris yang masih dalam perjalanan ke Lubuklinggau, serta Kepala Perpustakaan Kota Lubuklinggau Hj. Sahleha, 11 Jajaran OPD dan 12 Peserta dari Jajaran Pegawai Pemerintahan Kota Lubuklinggau.Pak Hendro dari Bidang Kearsipan Nasional dalam sambutannya mengatakan selamat datang para peserta untuk mengikuti pelatihan selama 2 hari ini, tujuan dari Pendampingan Aplikasi Sikd adalah untuk mempercepat sistem laporan dan pengurangan biaya bahan kertas. Serta sistemnya lebih mempermudah setiap penyampaian dari laporan dan terkait masalah jaringan nanti dikelola langsung oleh Dinas Kominfo Kota Lubuklinggau.

Asisten III Bapak Kahlan menyampaikan terima kasih kepada Arsip Nasional Republik Indonesia yang telah membantu Pemerintah Kota Lubuklinggau, dalam menata kearsipan kota lubuklinggau. Ini baru dilaksanakan untuk 12 OPD nanti kedepannya akan kita laksanakan keseluruhan OPD yang ada di Pemerintahan Kota Lubuklinggau. Ditambahkan AS II Bapak Kahlan dengan sistem Aplikasi Sikd ini banyak keuntungannya yang pertama sistem muda dan cepat dalam pelaporannya lebih cepat dan aman serta mempermudah, dengan sistem Digital ini sistem kearsipan lebih cepat jika dibutuhkan data yang diperlukan. Dan juga arsip yang kita simpan di Sistem E- Arsip ini, akan lebih aman dan gampang dicari serta mempermudah jika suatu saat dibutuhkan.

Dan pesan saya yang terakhir kepada 12 peserta yang mengikuti pelatihan ini baik dari OPD dan Dinas dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini sebaik – baiknya, dengan ilmu yang didapatkan dapat diterapkan dalam membantu Pemerintah Kota Lubuklinggau, lebih khusus kepada OPD ya masing-masing dalam menerapkan nya, tegas AS II Pak Kahlan.

Bapak Supriyono Bidang Kearsipan Nasional, mengatakan dalam kegiatan pelatihan selama 2 hari ini, yaitu sebuah sistem dalam pengelolaan Arsip, ini ada 4 Instrument dalam Aplikasi Sikd ini diantaranya :

  1. Tentang Tata Naskah Dinas nya,
  2. Tentang Klasifikasi Arsipnya, bagaimana sistem penyimpanannya dan pengelompokannya
  3. Tentang JRA ya yaitu sebuah daftar yang memuat jenis arsip dan umurnya dan nasib arsipnya akan musna atau ini bisa permanen dan,
  4. Yang menjadi Pedomanan yaitu Perwal, JRA itu sebelum jadi Perwal itu harus ada keputusan dari Andri (Arsip Nasional Republik Indonesia).

Acara dilanjutkan dengan Penandatangan antara Bidang Kearsipan Nasional dengan Pemerintah Kota Lubuklinggau terkait Sistem Penyampaian dan Penyimpanan Dokument yang aman dan terjamin, jika suatu saat dibutuhkan bisa dilihat. (Korlip).

editor ” Kaperwil “

Berita Terbaru, Nusantara

Posting Terkait

Permalink ke Lewat Olahraga, Karang Anyar Menjadi Desa Percontohan Kegiatan Kepemudaan
Lewat Olahraga, Karang Anyar Menjadi Desa Percontohan Kegiatan Kepemudaan
Mutiaraindotv, Musi Rawas Utara, Karang Taruna dan Pemerintah Desa
Permalink ke 8 TRC BPBD Mura, 6 PRG Barsarnas Bersama Warga Berhasil Menemukan Jasad Korban Tenggelam
8 TRC BPBD Mura, 6 PRG Barsarnas Bersama Warga Berhasil Menemukan Jasad Korban Tenggelam
Mutiaraindotv, STL Ulu Terawas – Musi Rawas, Seorang warga
Permalink ke Kacau , PDAM Tirta Bhagasasi Patok Harga Rp 3 Juta, LSM Prestasi : Di ABT 2020 Dapat Penyertaan Modal Rp 80 M.
Kacau , PDAM Tirta Bhagasasi Patok Harga Rp 3 Juta, LSM Prestasi : Di ABT 2020 Dapat Penyertaan Modal Rp 80 M.
MutiaraIndoTV.com (Bekasi)-Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi mematok harga
Permalink ke Satgas Yonarmed 9 Kostrad Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Puskesmas Kecamatan Ibu Selatan
Satgas Yonarmed 9 Kostrad Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Puskesmas Kecamatan Ibu Selatan
MutiaraIndoTv, Ibu Selatan – Maluku Utara, SatgasYonarmed 9 Kostrad

Tinggalkan pesan

Ragam & Peristiwa

8 TRC BPBD Mura, 6 PRG Barsarnas Bersama Warga Berhasil Menemukan Jasad Korban Tenggelam
Mutiaraindotv, STL Ulu Terawas – Musi Rawas, Seorang warga
Kacau , PDAM Tirta Bhagasasi Patok Harga Rp 3 Juta, LSM Prestasi : Di ABT 2020 Dapat Penyertaan Modal Rp 80 M.
MutiaraIndoTV.com (Bekasi)-Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Bhagasasi mematok harga
Terkait Plang Portal Di Sei Berjangkar , Kinerja Dinas Perhubungan Kab.Batu Bar Dipertanyakan
  Mutiaraindotv.com  (Batu Bara)- Pengawasan  Dinas Perhubungan Kabupaten Batu
Mayat Bayi Ditemukan Terbungkus Kain Disungai Di Desa Kesambirampak
  Mutiaraindotv.com (Situbondo) Jawa Timur – Nayat bayi yang