Pemprov Sumsel Luncurkan CSIRT

Mutiaraindotv, Palembang – Sumatera Selatan, Dimana CSIRT merupakan organisasi atau tim yang bertanggung jawab untuk menerima, meninjau dan menanggapi laporan serta aktivitas insiden keamanan siber. Tidak hanya itu, dibentuk CSIRT tersebut juga bertujuan untuk melakukan penyelidikan komprehensif dan melindungi sistem atau data atas insiden keamanan siber yang terjadi pada suatu organisasi.

” Bahkan, pembentukan tim yang diberi nama SUMSELPROV-CSIRT itupun mendapat Apresiasi dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) “.

Kepala BSSN Letjen. TNI (Purn). Hinsa Siburian menyebut, bahwa dengan pembentukan SUMSELPROV-CSIRT tentu akan semakin meminimalisir terjadinya ancaman di ruang siber khususnya di Sumsel. Terlebih, Sumsel sendiri memiliki tim yang dinilai cukup baik.

Diketahui, dengan peluncuran SUMSELPROV-CSIRT yang digelar di Ballroom Hotel Aryaduta, ini dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya. Rabu, 16 Juni 2021.

Mawardi mengatakan, dengan pembentukan “‘ SUMSELPROV-CSIRT “‘, yang diprakarsai oleh Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Sumatera Selatan tersebut dilakukan sebagai langkah untuk menjamin keamanan Masyarakat dalam menggunakan Teknologi Internet.

Kemajuan pesat Teknologi saat ini, memang tidak bisa dihindari. Bahkan, tindak kejahatan pun saat ini kerap melakukan aksinya dengan memanfaatkan Teknologi. Oleh sebab itu, terobosan demi terobosan harus terus dilakukan agar serangan di ruang siber tersebut dapat diantisipasi.

Beliau menegaskan, bahwa dengan terobosan ini akan diteruskan ke sejumlah Daerah diwilayah Provinsi Sumaters Selatan, agar Masyarakat semakin nyaman memanfaatkan Teknologi Internet tanpa gangguan. (rls_@wi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *