Penerapan Sekolah Induk tingkat Kecamatan Guna Memerataan Akan Diterapkan Disdik Kabupaten Bogor

Mutiara IndoTV, Kabupaten Bogor – Jawa Bogor. Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor adakan penerapan sekolah indukan tingkat kecamatan, Guna menambah pemerataan pengimplentasian Kurikulum 2013 di jenjang Sekolah Dasar (SD), Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor.

Kepala Bidang Pembinaan SD Disdik Kabupaten Bogor Hendarsah menjelaskan, tujuan program ini dimaksudkan untuk membuat sekolah induk di setiap wilayah yang akan menjadi pembina lembaga di sekitarnya.

“Disdik telah menunjuk sebanyak 87 sekolah indukan di 31 wilayah Kecamatan, engan jumlah sasaran pemerataan program pada 836 SD,” jelasnya.

Dipaparkannya untuk melakukan program ini pihak Disdik menyiapkan Instruktur Kurikulum Pendamping (IKP), pada setiap sekolah yang menjadi indukan.

Rincinya, terdapat 252 guru yang terbagi dalam tiga orang persatu sekolah indukan. Dengan target kepada guru kelas I, IV, PAI, dan Penjaskes Olahraga (PJOK).

“Dalam satu wilayah, sekolah indukan akan melakukan pembinaan ke sebanyak 7-12 lembaga sekitar. Dengan paparan materi mengenai pengimplentasian Kurtilas sebagai priorita..

Sementara itu, Kasi Kurikulum dan Pembinaan SD Disdik Kabupaten Bogor, Ade Suryana mengemukakan, untuk tindak lanjut pihaknya akan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek), bagi para IKP di sekolah indukan.

“Jumlah IKP yang akan mengikuti bimtek sebanyak 336 orang, dan pelaksanannya, dijadwalkan pada pertengahan Maret,” ungkapnya.

Diakuinya, pengimplementasian Kurtilas di jenjang SD Negeri lebih sukar, lantaran ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM), dan sarana prasarana penunjang.

“Kendati demikian hingga tahun ini, presentase pemerataan Kurtilas jenjang SD di Kabupaten Bogor sudah mencapai 70 persen.

Dimana pada akhir tahun 2018 Disdik menargetkan sudah rampung 100 persen,” Ungkap Hendarsah. (Rachmat/Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *