Pengamanan Nataru, Polres Situbondo Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H. memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2022 di halaman Apel Mapolres Situbondo, Kamis (22/12/2022)

Apel Operasi Lilin Semeru 2022 dihadiri Bupati Drs H. Karna Suswandi, M.M, Kepala Lapas Kelas IIB Rudi Kristiawan, A.Md.IP., S.H., M.M., Pasiops Kodim 0823 Kapten Inf Basuki Rahmat, Perwakilan Kejari, Komandan Subdenpom V/3-5 Kapten Cpm Kusna, Kanit PJR V Polda Jatim AKP. Isminto, Kasi Lalu Lintas Dishub S. Arofa, Ketua Senkom Mitra Polri Mizab Asdary, Sekretaris FKUB Muhammad Hanif, dan Wakil ADM Perhutani Bondowoso Rahman Hadi.

Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H. menyebut kegiatan ini bentuk persiapan terakhir sebelum Operasi Lilin Semeru 2022 yang akan resmi diselenggarakan pada 23 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 mendatang dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

Ia mengatakan total ada sekitar 500 personel gabungan yang dilibatkan dalam Operasi Lilin Semeru 2022 dalam rangka mengamankan Nataru terdiri dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP dan Dinkes, Instansi terkait serta mitra kamtibmas.

Sementara obyek-obyek yang akan dilakukan pengamanan adalah tempat-tempat ibadah, pusat keramaian masyarakat, tempat wisata termasuk juga melaksanakan rekayasa-rekayasa lalu lintas saat masyarakat melakukan mobilitas selama Natal dan Tahun baru.

“Sesuai amanat Kapolri, bahwa keberhasilan pengamanan Operasi Lilin 2022 merupakan tanggung jawab bersama. Oleh sebab itu, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat sinergisitas dan soliditas selama pelaksanaan tugas. Harapannya masyarakat dapat melaksanakan ibadah natal dengan khidmat, serta merayakan tahun baru dengan penuh suka cita “ terang AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H.

Selain itu, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H. menambahkan bahwa perayaan Nataru (Natal dan Tahun Baru) oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian.

Seperti diketahui bersama bahwa laju pertumbuhan Covid-19 di Indonesia sudah terkendali, sehingga Pemerintah memberikan pelonggaran berbagai aktivitas masyarakat termasuk Nataru dengan menetapkan seluruh wilayah berada pada PPKM Level 1.

Untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat selama Nataru, telah disiapkan 5 Pos yang tergelar di jalur Pantura Situbondo diantaranya 1 Pos Pelayanan yakni Pos Utama Raya di Banyuglugur, 4 Pos Pengamanan yakni Pos Pasir Putih Bungatan, Pos Kota, Pos Asembagus, dan Pos Baluran Banyuputih.

Selain menyiapkan Pos, Polres Situbondo juga menyiapkan langkah mendeteksi dan mereduksi segala bentuk gangguan kamtibmas, mencegah kecelakaan dan kemacetan lalu lintas, bencana alam, ketahanan pangan, serta aksi terorisme.

“Tentunya kita semua akan berusaha semaksimal mungkin agar seluruh rangkaian kegiatan dan aktivitas masyarakat di akhir tahun semuanya bisa berjalan dengan baik serta dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat ” tandas AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H.

Usai apel, Kapolres Situbondo AKBP Dr. Andi Sinjaya, S.H, S.I.K, M.H. didampingi Bupati menyapa pasukan apel Operasi Lilin Semeru 2022 terdiri dari Subdenpom V/3-5 Situbondo, Kodim 0823, Polres dan Polsek Jajaran, Dishub, BPBD, Damkar, Perhutani, PMI dan Dinas Kesehatan sekaligus meninjau kesiapan sarana kendaraan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *