Perhutani KPH Bondowoso Gelar Koordinasi Bencana Alam Bersama Forkopimcam Ijen Dan BPBD

Mutiaraindotv.com, BONDOWOSO JAWA TIMUR – Jika kita telaah lebih jauh tentang dua musim (kemarau dan penghujan) yang ada di wilayah Indonesia, hal itu merupakan salah satu bentuk Rahmat dari Sang Pencipta yang tentunya banyak memberikan manfaat serta faidah besar bagi penduduk di bumi Nusantara ini. Namun demikian, tidak sedikit kedua musim itu mendatangkan musibah dan bencana bagi manusia.

Belajar dari pengalaman dua tahun terakhir dimana musibah berupa bencana banjir dan tanah longsor pernah terjadi dan melanda wilayah Kecamatan Ijen, menggugah Pimpinan Perhutani KPH Bondowoso untuk terus berkoordinasi dan merawat jalinan sinergitas serta membangun komitmen bersama jajaran Forkopimcam Ijen dan BPBD kabupaten Bondowoso dalam rangka mitigasi bencana. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan di Homestay Arabica Ijen pada hari Rabu 27/12/23.

Dalam sambutannya Ronny Merdyanto S.Hut, Administratur Perhutani KPH Bondowoso mengajak dan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama sama melakukan antisipasi pencegahan bencana dengan cara melaksanakan penanaman pohon pada lokasi kosong dan rawan akan terjadinya longsor serta banjir. Kami dan seluruh jajaran Perhutani Bondowoso selalu siap siaga untuk turut berperan aktif dalam hal antisipasi sekaligus penanggulangan bencana.

Edy Mulyono SE.MM, Kepala wilayah Kecamatan Ijen memberikan apresiasi dan terimakasih kepada Perhutani serta seluruh pihak terkait atas terselenggaranya giat mitigasi bencana yang bertujuan untuk mencegah sekaligus meminimalisir dampak kerugian yang akan dialami oleh warga masyarakat akibat dari bencana.
Membalas statement Admimistratur Perhutani, Edy Mulyono mangatakan bahwa pihaknya dan seluruh jajaran forkopimcam serta BPBD kabupaten Bondowoso juga siap siaga, bersinergi dengan seluruh pihak terkait dalam rangka antisipasi dan menanggulangi bencana alam tahun 2024, saya berdoa dan berharap di wilayah Kecamatan Ijen ini akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dan akan terbebas dari berbagai macam bencana, harapnya.

Pada sesi akhir acara disepakati adanya komitmen bersama dalam rangka mengantisipasi bencana. Adapun komitmen yang disepakati adalah :
1. Bersama-sama menjaga kelestarian alam dan lingkungan.
2. Memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan.
3. Bertindak pro aktif dan saling berkoordinasi dalam upaya penanggulangan bencana alam.

Komitmen bersama tersebut ditanda tangani oleh :
Ronny Merdyanto S.Hut Administratur Perhutani Bondowoso., Edy Mulyono SE.MM Camat Ijen., Diana Puspitasari S.Sos.MM Perwakilan BPBP Kab. Bondowoso., AKP. Agung Sugiharto SM Kapolsek Ijen, dan Serda Yuli Rudiyanto perwakilan Posramil Ijen. (Mahfud)

 

Check Also

Operasi Miras, Samapta Polres Situbondo Sita 4 Botol Bir Bintang Dan 8 Botol Anggur Merah

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Samapta Polres Situbondo Polda Jatim melaksanakan penertiban peredaran minuman keras …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *