Pilkada 2020 Situbondo Rawan Konflik? Ini Kata LSM Siti Jenar

 

Mutiaraindotv.com (Situbondo) Jawa Timur – Saat berkumpul di sebuah kios di Pasar Mimbaan (Pasmim) di Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat Situbondo Investigasi Jejak Kebenaran (Ketum LSM SITI JENAR) Eko Febrianto saat ditanyakan terkait masalah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada 2020) di Kabupaten yang berjuluk Bumi Sholawat Nariyah, blak-blakan mengatakan pendukung dan relawan harus cerdas. Jumat 18 September 2020.

Hal tersebut dikarenakan saling menjatuhkan dan saling menjelekkan antara para pendukung di kedua Pasangan Calon (Paslon).

“Kita lihat saja dan dengarkan melalui Media Sosial (Medsos) maupun secara langsung pada pendukung dan relawan saling menjelekkan pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup), yang seharusnya para pendukung dan relawan harus cerdas dari pada mencela lebih baik membahas visi dan misi pasangan Calon (Cabup dan Cawabup) yang ikut dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Situbondo ini,” kata Eko Febrianto.

Tidak hanya itu, bahkan yang membuat Aktivis kelahiran Besuki ini (Eko Febrianto) sangat Geram banyaknya akun palsu yang menjelekkan dengan berupa mengedit video dan gambar para pasangan calon.

“Ini pesta demokrasi seharusnya kita dewasa, bukan dijadikan ajang pertarungan dan mencela bahkan dengan mengedit foto dan membuat video para pasangan calon dengan kata-kata mencela,” ketusnya.

Pihaknya juga menghimbau seluruh Jurnalis khususnya di Kabupaten Situbondo, jangan sampai memberikan sebuah berita yang menyudutkan dan mencari kesalahan salah satu Paslon, apalagi pemberitaan yang tidak Fakta atau Hoax.

“Intinya Jurnalis harus Netral, jika memang keyakinannya memilih salah satu Paslon akan tetapi tetap mengikuti Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan jangan sampai memakai Politik Bela Bambu, dimana media harus Independen dalam membuat suuatu Karya Jurnalistiknya, jangan sampai ada satu keberpihakan yang merugikan salah satu Paslon,” tegasnya.

Selanjutnya Ketum LSM SITI JENAR Eko Febrianto berharap Pilkada 2020 di Kabupaten Situbondo nanti tetap Kondusif dan siapa pemenangnya bisa membuat Situbondo lebih baik lagi dari tahun sebelumnya, dan yang kalah bisa menerima dengan lapang dada.

“Dalam kontes Pilkada ini pasti ada yang terpilih dan yang tidak terpilih, ada yang menang dan ada yang kalah, intinya yang utama Kondusifitas, kita sebagai Control Masyarakat yang utama harus memberikan contoh dan membantu khususnya TNI dan Polri dalam Kondusifitas Pesta Demokrasi ini,” pungkas Eko Febrianto. (Irwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *