Pj. Bupati Aceh Tengah, Tinjau Pekarangan Pangan Lestari Lukup Sabun Timur

Teks.Foto:Pj. Bupati Aceh Tengah, Tinjau Pekarangan Pangan Lestari Lukup Sabun Timur.MITV/ist

MUTIARAINDOTV.COM :TAKENGON,
Pj.Bupati Ir. Teuku Mirzuan, MT. Tinjau Pekarangan Pangan Lestari di Lukup Sabun Timur,Kecamatan Kute Panang Kabupaten Aceh Tengah,Selasa (10/1/2023).

Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari merupakan upaya untuk meningkatkan ketersediaan, aksebilitas dan pangan rumah tangga sesuai dengan kebutuhan pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman, serta berorientasi meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pemberdayaan kelompok masyarakat/ Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk budidaya berbagai jenis tanaman melalui kebun bibit, demplot kelompok dan pekarangan anggota yang dilakukan di lahan tidur maupun pekarangan sekitar tempat tinggal dengan menggunakan polibag maupun barang yang tidak terpakai.

Sementara itu Pj. Bupati Aceh Tengah beserta jajaran Kepala perangkat Daerah terkait, berkesempatan meninjau langsung, Pekarangan Pangan Lestari tersebut.

Penjabat Bupati itu dalam kesempatan tersebut sangat mengapresiasi upaya Kelompok Wanita Tani (KWT) Timur Bersinar Kampung Lukup Sabun Timur.

“Tanaman ini bisa menjadi sumber tambahan makanan sehat masyarakat yang murah dan cepat dipanen sehingga dapat membantu meningkatkan gizi masyarakat dan dapat terhindar dari penyakit kurang gizi atau stunting, disamping itu tentunya bisa membantu perekonomian keluarga” Terangnya.

“Semoga program Pekarangan Pangan Lestari ini dapat terus berkembang untuk mewujudkan kemandirian masyarakat”. Ujar Mirzuan.

Lebih lanjut, disampaikan Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari seperti ini, merupakan kegiatan memanfaatkan lahan pekarangan kosong, atau media tanam pot dan polibag sebagai tempat bertanam.

Sehingga program ini secara berkelanjutan dapat menyediakan sumber pangan, aksesibilitas dan pendapatan anggota kelompok, serta dapat memberi nilai tambah ekonomi tersendiri bagi Masyarakat, ungkapnya (rel)

Esitor:Sumarsono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *