PJ Walikota Hadiri Rakernas Apeksi XVII

Mutiaraindotv – Balikpapan, Presiden RI, Joko Widodo membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas Apeksi) XVII di Gedung Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) pada hari Selasa, 04 Juni 2024.

Dalam acara tersebut, Jokowi menekankan pentingnya perencanaan kota yang matang guna menghadapi tantangan masa depan, di mana 70 %, penduduk Indonesia diprediksi akan tinggal di perkotaan pada tahun 2045.

Dalam sambutanya, Jokowi menyebutkan bahwa dunia akan menghadapi situasi serupa dengan 80 % penduduk tinggal di perkotaan pada tahun 2050.

” Beban kota akan sangat berat. Oleh sebab itu, setiap Pemerintah Kota di Indonesia harus memiliki perencanaan detail kota, ” tegas Presiden dihadapan seluruh Walikota se Indonesia yang menghadiri kegiatan Rakernas APEKSI di Kota Balikpapan.

Jokowi juga menambahkan bahwa kota-kota besar di Eropa yang mencekam harus dijadikan contoh, agar hal tersebut tidak terjadi di Indonesia.

Menurutnya, kota yang baik ke depan adalah kota yang ramah pejalan kaki, disabilitas, pesepeda, perempuan, dan anak, serta ramah lingkungan.

” Kota itu harus green, smart, dan friendly atau nyaman untuk siapa saja, ” tegasnya.

Sementara, Pj Wali Kota Lubuklinggau yang hadir langsung pada kegiatan tersebut sangat mendukung apa yang dilakukan melalui forum apeksi, kemudian apa yang diitruksikan oleh Presiden dalam arahannya.

Kemudian, ia juga berharap dari 98 kota, agar dapat bersama berkolaborasi saling membantu program antar anggota APEKSI itu sendiri.

“ Kepada pemerintah pusat, agar dapat juga memberikan bantuan kepada pemerintah kota dalam mewujudkan kota sebagai sentral kehidupan masyarakat mendatang yang nyaman, dan ramah lingkungan untuk ditempati dan kedepan kota memiliki keunggulan masing-masing, guna terwujudnya kota yang maju menuju Indonesia maju dan Indonesia emas 2045, ” tandasnya.

Ikut mendampingi PJ.Walikota Lubuklinggau, Kadisdik Firdaus, Kadis Kominfo Febrio, Kadinkes Erwin, Kadis DPKAD Zulfikar, Kadis DLH Hendra, Kadis Perizinan Tegi dan Para Pejabat Dilingkungan Pemkot Lubuklinggau.(Rls)

Check Also

Cari Pemimpin Ledersip, Tapi Yang Berpengalaman Dibidang Birokrasi Dan Keuangan, Hanya Satu Yang Pantas Dari Sekian Banyak Cawako

Mutiaraindotv – Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan, Tidak setiap orang ditakdirkan dengan bakat menjadi seorang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *