Plt. Asisten 1 Buka Bimbingan Manasik Haji Tahun 2024 Di Gedung PLHUT Kantor Kemenag Bener Meriah.

 

Redelong :MutiaraindoTV.com -Jamaah haji Kabupaten Bener Meriah tahun 2024 melaksanakan Bimbingan Manasik tingkat kecamatan dan Kabupaten Bener Meriah Tahun 1445 Hijriyah/2024 M, Senin (22-04-2024) di ruang PLHUT Kantor Kemenag Kabupaten Bener Meriah.

Asisten Pemerintahan Keistimewaan Aceh dan Kesra Setdakab Bener Meriah Samusi Purnawira Dade, S.IP.,M.Si dalam kesempatan itu menyampaikan, kesempatan menunaikan ibadah haji adalah anugerah luar biasa dari Allah SWT. “Perjuangan yang telah bapak ibu lalui melalui penantian dengan penuh kesabaran dan ketabahan untuk mencapai tahap ini, sejalan dengan doa-doa yang tak pernah putus, akhirnya membuahkan hasil, ” ucap Dade.

Disampaikan juga bahwa Ibadah Haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan muslim yang mampu secara fisik, mental, materi. Haji bukan sekedar perjalanan fisik ke tanah suci, namun juga merupakan perjalanan spiritual yang membangkitkan kesadaran akan pentingnya taqwa, kesabaran, dan kesabaran dalam menghadapi ujian dan cobaan.

Plt. Asisten 1 juga berpesan sebelum berangkat ke tanah suci, calon jamaah haji harus benar- benar dipersiapkan dengan pengetahuan yang memadai terkait pelaksanaan haji. Adapun dalam manasik haji akan dibekali dengan arahan terkait persiapan fisik dan mental dan pengetahuan mengenai tempat suci dan spiritual selama melaksanakan Ibadah Haji.

Sebelumnya Kepala Kemenag Bener Meriah Drs. H. Zulkifli Idris, M.Pd dalam laporannya menyebutkan, waktu pelaksanaan tingkat kecamatan di mulai Tanggal 22 April hingga 1 Mai 2024, sedangkan untuk tingkat Kabupaten di mulai Tanggal 2 Mei hingga 3 Mei 2024.

“Adapun jumlah Calon Haji Kabupaten Bener Meriah berjumlah 93 jamaah dengan rincian laki-laki 37 orang dan 58 orang jamaah perempuan. Dari 93 calhaj Kabupaten Bener Meriah terbagi dalam 10 kecamatan, Kecamatan Pintu Rime Gayo 3 orang, Gajah Putih 1 orang, Timang Gajah 12 orang, Wih Pesam 24 orang, Bukit 24 orang, Bandar 22 orang, Bener Kelipah 1 orang, Permata 7 orang, dan Kecamatan Syiah Utama kosong,” terang Kakanmenag Bener Meriah itu.

Sementara itu kata Zulkifli, untuk usia termuda atas nama Mawardi usia 28 tahun Asal Desa Darul Aman, Kecamatan Permata, sedangkan usia tertua atas nama Inen Yus umur 94 tahun asal Desa Uning Teritit, Kecamatan Bukit. Untuk jamaah calon haji Kabupaten Bener Meriah masuk dalam gelombang 2, kloter 5 yang tergabung dengan Kabupaten Aceh Tengah, Aceh Tenggara, dan Banda Aceh insyaallah masuk asrama haji pada Tanggal 2 Juni 2024 dan kembali ke tanah air pada Tanggal 14 Juli 2024.(Tim ProkopimBM•).

Check Also

Bupati Situbondo Menyerahkan Honor Insentif Kader Posyandu Balita Dan Lansia

Mutiaraindotv.com, SITUBONDO, JAWA TIMUR – Penyerahan Honor Insentif Kader Posyandu Balita dan Lansia bertempat di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *