Plt. Bupati Bener Meriah Inspektur Upacara Dalam Peringatan Hari Ibu Ke-90

MutiaraindoTV, Kabupaten Bener Meriah – Aceh. Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah menggelar Upacara Bendera Memperingati Hari Ibu ke-90, di Lapangan Upacara Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Bener Meriah. Senin, 31 Desember 2018.

Peringatan Hari Ibu ke-90 yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2018 itu, seyogyanya upacaranya digelar pada hari sama. Namun baru dapat digelar hari ini Senin 31 Desember 2018 ini mengingat berbagai pertimbangan, bahwa tanggal 22 Desember Tahun ini.

Yang jatuh pada hari Sabtu, yang merupakan hari libur dan kemudian disusul dengan cuti bersama dalam libur natal. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Plt. Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang pada kesempatan tersebut, membacakan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise pada Peringatan Hari Ibu ke-90 Tahun ini.

Hal yang menarik pada pelaksanaan upacara ini, adalah hampir seluruh personilnya upacara merupakan perempuan atau kaum ibu kecuali inspektur upacara dan pembaca do’a.

Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara, adalah Kasatlantas Polres Bener Meriah IPDA Siti Badriah, S.TRK. dan Petugas Pengibar Bendera juga dari Polisi Wanita (Polwan) dari jajaran Polres Bener Meriah.

Pembaca sejarah singkat Hari Ibu, adalah Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah Umi Nikmah Sarkawi S.Sy, Pembaca Naskah Pembukaan Undang – Undang Dasar 1945 Istiana S.STP., M.Si dan Do’a dipimpin oleh Tgk. Drs. H. Hamdani dari Jajaran Dinas Syati’at Islam Kabupaten Bener Meriah.

Para komandan pasukan upacara juga merupakan sejumlah anggota perempuan dari jajaran Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah Kabupaten Bener Meriah, sedangkan kelompok paduan suara yang menyanyikan lagu Indonesia Raya saat pengibaran bendera dan menyayikan lagu Hymne dan Mars Hari Ibu dari kelompok paduan suara TP-PKK Kabupaten Bener Meriah.

Upacara yang dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) berserta isteri dan sejumlah pengurus dan anggota organisasi wanita se-Kabupaten Bener Meriah yang tergabung dalam organisasi Gabungan Organisasi Wanita (GOW) ini, juga dikuti oleh seluruh Kepala SKPK beserta isteri dan jajaran ASN dan Non ASN serta para Camat dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yambise dalam sambutannya, pada puncak Perimgatan Hari Ibu ke-90 yang dibacakan Plt. Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi mengatakan jika dalam sejarah pergerakan kemerdekaan bangsa, peran perempuan di Indonesia menjadi bagian yang tidak dapat dispisahkan dan dilupakan.

“Keterlibatan perempuan di buktikan melalui Kongres Perempuan Pertama yang digelar di Yogyakarta pada tanggal 22 Desember 1928, silam, yang telah mengukugkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia,” ungkapTgk . H Sarkawi melalui amanat Yohana Yambise yang dibacakannya itu.

Hakikat peringatan Hari Ibu, sebut Plt. Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, merupakan suatu momentum bagi seluruh masyarakat, terlebih generasi muda untuk mengetahui makna jika Hari Ibu merupakan momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan, serta gerak perjuangan kaum perempuan pada masa kemerdekaan.

“Untuk itu, sebagai apresiasi atas gerakan yang bersejarah itu, peringatan Hari Ibu ditetapkan setiap tanggal 22 Desember sebagai Hari Nasional,” tandasnya lagi.

Plt. Bupati juga menyebut, jika saat ini terbukti bahwa perempuan dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara, mampu menjad motor penggerak atau agent of change.

“Perempuan Indonesia masa kini, adalah perempuan yang sadar dan memahami, memiliki hak dan kewajiban yang sama dengan laki – laki,” ujarnya.

“Perempuan dan laki – laki, merupakan partnership, dan di Kabupaten Bener Meriah sendiri saat ini kiprah kaum ibu juga nampak dari adanya 3 anggota DPRK Bener Meriah dan beberapa pimpinan SKPK juga merupakan ibu-ibu dan ke depan tentunya diharapkan dapat lebih banyak lagi”, sebut Tgk. H. Sarkawi di akhir pembacaan sambutan Menteri tersebut. (Pujo Prayetno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *