Polres Batubara Berhasil Mengamankan 262 Bal Monza Ilegal Dari Luar Negeri Yang Masuk Ke Indonesia Melalui Perairan Batubara

 

Mutiara IndoTV, Kabupaten Batubara – Sumatera Utara. Tim Gabungan Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Batubara bersama sejumlah personil Polsek Labuhan Ruku berhasil mengamankan 262 bal pres Monza (diduga berisi pakaian bekas -red) ilegal, selundupan dari satu unit truk colt diesel dan satu buah gudang di areal Labuhan Ruku, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara. Jum’at. 15 Juni 2018 saat lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah pekan lalu.

Kapolres Batu Bara AKBP Robinson Simatupang SH, M.Hum yang sengaja didampingi oleh Kasat Reskrim AKP Zulfikar dan Kanit Tipidter Iptu J. Sitinjak menjelaskan, hal tersebut dalam konfrensi pers di halaman belakang Mapolres Batubara di Lima Puluh. Jumat, 22 Juni 2018 sekira pukul 10.00 WIB.

Kapolres Batubara AKBP Robinson Simatupang SH, M.Hum

Dalam kesempatan itu Kapolres mengungkapkan, penggerebegan yang dilakukan pihaknya setelah mendapat informasi dari masyarakat akan banyak masuk Narkoba dengan modus operandi menyusupkan barang haram tersebut kedalam bal press yang sudah sejak lama leluasa masuk dari sepanjang pantai perairan Batu Bara.

Lalu berdasarkan informasi yang diterima, Kapolres pun memerintahkan semua fungsi untuk melakukan penyidikan. Hingga kemudian personil gabungan Sat Intelkam dan Sat Reskrim berangkat ke titik lokasi tempat keberadaan Bal pres Monza tersebut dan ditemukan 1 unit truk colt diesel Nopol BL 8392 GV sedang mengangkut bal press berisikan pakaian dan sepatu bekas sebanyak 45 bal.

Selanjutnya dari pengembangan yang dilakukan Polisi, supir truk berinisial J yang ikut ditangkap dan kini penahanannya ditangguhkan oleh pihak Kepolisian setempat. Semua Bal press diangkut dari gudang di Labuhan Ruku, maka sesudah mendapatkan keterangan dari sang supir truk, Polisi pun bergerak menuju gudang dimaksud.

Setibanya di gudang yang jadi target operasi, ternyata petugas berhasil menemukan sebanyak 157 bal pres Monza lagi. Hingga total yang ditemukan berjumlah 262 bal pres berisi pakaian dan juga jenis sepatu bekas berasal dari luar negeri. Demikian pula saat dilakukan pengembangan ke pelabuhan Tanjung Tiram, Polisi berhasil mengamankan satu unit perahu motor yang diduga mengangkut bal pres yang ditemukan.

Selanjutnya kapal pengangkut diserahkan Polres Batubara ke Direktorat Polair Sumut sedangkan supir dan penjaga gudang diamankan di Mapolres Barubara bersama satu unit truk colt diesel dan 262 bal pres Monza. Terkait informasi dugaan bal press sebagai modus operandi masuknya Narkoba jenis sabu – sabu, maka menurut Kapolres pihaknya akan melakukan pemeriksaan bekerjasama dengan BNN yang akan membawa anjing pelacak untuk memastikan isi lain dari bal – bal itu.

Sedangkan mengenai waktu penggeledahan dikatakan Kapolres, pihaknya masih akan menunggu datangnya tim ahli dan anjing pelacak. Sedang ketika menjawab pertanyaan wartawan, Kapolres menjelaskan bahwa sopir truk berinisial J adalah merupakan orang suruhan seorang toke pemain bal Monza yang sudah lama dan tidak asing ditelinga banyak warga Batu Bara bernama Herman Butong alias dan IS warga Medang Deras Kabupaten Batu Bara.

Kasat Reskrim Polses Batubara AKP Julfikar

Namun saat tim meluncur ke kediaman Herman Butong dan kawanannya yang berinisial IS, keduanya pun diduga telah kabur dan sudah melarikan diri lebih dulu. Sementara itu masuknya bal pres Monza selama beberapa tahun ini ke Kabupaten Batubara, bisa dipastikan memang berasal dari luar negeri.

Akan tetapi belum dapat dipastikan kalau bal bal pakaian bekas selundupan itu berasal dari negara mana, sebab Herman Butong dan IS sebagai pemilik dan tekong kapal pengangkut bal, kini masih dalam buronan pihak Kepolisian. Namun sangat kuat dugaan bahwa bal bal pres monza itu pun, berasal dari Malaysia dan masuk melalui semenanjung perairan Batu Bara.

“Kelanjutan penanganan terhadap 262 bal press Monza ini bisa saja kita musnahkan atau bisa pula kita serahkan ke Bea Cukai, sedangkan terhadap para terduga pelaku untuk sementara akan kita persangkakan dengan Undang – Undang Perdagangan subsider Undang -Undang Kepabeanan tentang memperdagangkan barang barang yang dilarang dan tidak memiliki izin resmi masuk ke Indonesia,” tutup Kapolres. (Anoi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *