Polresta Pontianak Kota Kembali Mengamankan Pelaku Pembakar Lahan

MutiaraindoTV, Kota Pontianak – Kalimantan Barat. Polresta Pontianak Kota kembali mengamankan pelaku pembakar lahan, yang terletak di lokasi Jalan Wonodadi 2 dekat Jalan Ayani 3 Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya (Parit Nabeh). Kamis, 23 Agustus 2018.

Kasat Reskrim Polresta Pontianak Kota Kompol M. Husni Ramli S.ik., MH saat dikonfirmasi melalui via telfon mengatakan, penangkapan tersebut setelah pihaknya melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi lahan yang terbakar.

Setelah melakukan olah TKP dan mengumpulkan keterangan saksi beserta barang bukti, Polisi kemudian mengamankan seorang pria bernama Agus Abulaik Alias Agus. Yang diduga membakar lahan sehingga merembet ke lahan lainnya, “katanya.

“Peristiwa kebakaran tersebut berawal ketika Pada hari Jum’at, 10 Agustus 2018 sekitar pukul 09.00 WIB di Jalan Wonodadi 2 dekat Jalan Ayani 3 Kecamatan Sungai Raya, Kabupatan Kubu Raya. Tersangka membuka
lahan dengan tujuan untuk bercocok tanam jagung dan nanas, dengan cara menebas semak dan rumput
menggunakan alat tajak.

Kemudian setelah rumput dan semak kering, tersangka membakarnya dengan menggunakan korek api gas merk Yokai warna merah. Fersangka tidak membuat sekat bakar, sehingga mengakibatkan api merambat dan menyebar. Selanjutnya tersangka berusaha memadamkan api, namun tidak bisa padam semua.

Dikarenakan lahan gambut dan akhirnya pada hari Rabu, 22 Agustus 2018 sekitar pukul 13.00 WIB. Pada saat tersangka sedang bekerja di Daerah Kota Baru Pontianak, di telpon oleh isterinya. Kemudian istri tersangka memberitahukan, bahwa api menyala kembali di tempat tersangka telah membakar lahan tersebut. Dan api merambat ke area lahan, yang disekitarnya mencapai sekitar 5 hektar .” ungkapnya

Tersangka dijerat dengan Pasal 108 Jo pasal 69 ayat (1) huruf H Undang – Undang komite 32 Tahun 2009, tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan atau pasal 187 KUHP. (Yudha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *