Program UPTD Puskesmas Cicinde Lintas Sektoral Triwulan 1 Tahun 2024

MutiarindoTV, Kabupaten Karawang  – Jawa Batat. UPTD Puskesmas Cicinde melaksanakan Kegiatan Lintas Sektor Triwulan 1 2024, lokakarya Mini Lintas Sektoral merupakan suatu pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim.

Memantau cakupan pelayanan puskesmas dan membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas, dalam rangka penguatan program kerja dan sebagai bentuk upaya penggalangan serta pemantauan kegiatan sesuai dengan perencanaan puskesmas di wilayah kerja Kecamatan Banyusari. Senin,29 April 2024.

Rapat Lintas Sektor ini membahas berbagai hal terkait program kesehatan dan pelayanan masyarakat, Camat di wakili Sekcam, Kapolsek Banyusari, 4 Perwakilan Kepala Desa Banyusari, Ketua TSK Banyusari serta
perwakilan Kader Posyandu.

Dalam Sambutanya Camat yang di wakili Irfan sebagai Sekcam Banyusari sambutan, mengapresiasi program puskesmas, dan mengingatkan tentang keamanan serta kerjasama antar sektor. Kemudian, pembacaan rencana tindak lanjut melibatkan koordinasi anggaran dan pelatihan untuk pengukuran berat dan tinggi badan di desa.

Selanjutnya, H. Abdul Subur. S.Kep.Ners Kepala UPTD Puskesmas Cicinde, memaparkan materi yang meliputi layanan pelayanan seperti UGD,Rawat inap umum,poli umum, poli gigi, KIA, KB, remaja, imunisasi, gizi, persalinan, dan lainnya. Visi, misi, dan tata nilai Puskesmas Banyusari, serta program – program inovatif dan layanan yang disediakan juga dijelaskan serta beberapa program di Tahun 2024 dan lainnya.

Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) juga dibahas, dengan penekanan pada faktor – faktor yang mempengaruhi kematian ibu dan langkah-langkah yang bisa diambil oleh ibu dan keluarga untuk mencegahnya, rencana kerjasama dengan keluarga dan desa dalam melibatkan peran kader kesehatan juga disampaikan.

Selanjutnya, dibahas tentang Program Peningkatan Mutu dan Kinerja (Admen, UKM, PMKP), audit internal, manajemen risiko, pencegahan infeksi, dan keselamatan kerja. Setiap program memiliki tahapannya sendiri, seperti identifikasi risiko, evaluasi dan tindak lanjut.

Pertemuan ini juga menyoroti capaian dan target UKM Puskesmas Cicinde, seperti pelayanan klinis, perilaku, dan pelayanan keselamatan pasien. Diskusi dan tanya jawab juga dilakukan untuk memperjelas berbagai aspek yang dibahas dalam pertemuan ini. (Rochman)

Check Also

Sambut HUT Kodam III/Siliwangi, Kodim 0619/Purwakarta Gelar Bhakti Sosial Donor Darah

MutiaraindoTV, Kabupaten Purwakarta – Jawa Barat. Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam III/Siliwangi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *