Promosikan Hasil Bumi Melalui Festival Durian Borneo

MutiaraindoTV, Kabupaten Kubu Raya – Kalimantan Barat. Dalam rangka mempromosikan potensi buah durian di wilayah Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat. Mengadakan festival durian Borneo di halaman Kantor Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap. Sabtu, 12 Januari 2019.

Dalam festival itu panitia menyediakan sekitar 600 buah durian, menurut panitia pesta durian digelar secara gratis dan pesta durian merupakan acara pesta durian yang pertama. Dengan pesta durian bertujuan untuk mempromosikan hasil Bumi kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya sebagai sentral penghasil buah durian. “Katanya.

“Ada beberapa Desa di Kecamatan Sungai Kakap yang dikenal sebagai sentral penghasil buah durian, diantaranya :

  1. Desa Punggur Kecil.
  2. Desa Punggur Besar.
  3. Desa Kalimas.
  4. Desa Pal Sembilan.

Untuk buah durian yang rasanya lezat oleh masyarakat Kecamatan Sungai Kakap jenis buah durian jarum mas makanan lain, sebagai produk khas makanan seperti Buah lansat buah manggis, ” tuturnya kepada Wartawan.

Sementara itu Gubernur Provinsi Kalaimantan Barat H. Sutarmiji dalam sambutan mengatakan, atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi mengapresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya pesta durian oleh Panitian bekerja sama dengan Pemerintah Desa.

“Dengan pesta durian semoga dapat mengenalkan kepada masyarakat luas, bahwa di Kecamatan Sungai Kakap merupakan sentral penghasil buah durian yang dikenal enak rasanya, ”ujarnya.

Untuk itu, kata Gubernur Provinsi Kalimantan Barat H. Sutarmiji ke depan agar penyelenggaraan pesta durian dapat dikemas lebih baik lagi, dengan menyediakan buah durian yang lebih banyak lagi. Pasalnya animo masyarakat untuk datang ke acara pesta buah durian sangat tinggi, terbukti jumlah pengunjung sangat banyak hingga memenuhi halaman Kantor Desa Punggur Kecil.

Dia menambahkan,selain Kecamatan Sungai Kakap juga ada beberapa kecamatan lain di Kalimantan Barat yang juga dikenal sebagai penghasil buah durian, seperti di wilayah Balaikarangan dan beberapa derah di wilayah Provinsi Kalimantan Barat.

“Pemerintah daerah mendorong kepada petani buah durian untuk merawat pohon buah durian dengan sebaik – baiknya, sehingga nantinya pada saat panen dapat menghasilkan buah durian yang lebat dengan kualitas rasa yang lezat dan enak, ”kata dia.

di tempat ter pisaha di sela – sela kegiatan yang sedang berlansung Kepala Desa Punggur Keci Adi Kusuma Jaya kepada sejumlah awak media mengatakan, sayang kayaknya pada saat ini memang untuk punggur sendiri buah duriannya lagi belum tidak banyak yang berbuah.

Sehingga kita dak maksimal untuk masalah buahnya sehingga kita, untuk kelanjutannya sesuai akan disampaikan pada Gubernur tadi itu berkeinginan kebun sendiri kebun – kebun Desa dan isinya dengan paritas peritas keunggulan dari durian sampai Langsat yang akan menjadi objek wisata.

Lebih lanjut Kepala Desa Punggur Kecil Adi Kusumaja berharap tempatnya untuk Desa yang pertama, dengan banyaknya Dinas yang datang investor yang datang. Barangkali harapan kita ada tindak lanjut dari acara ini tidak hanya selesai hari ini, besok dilanjut yang bermanfaat. “Tuturnya. (Nurdin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *