PT. Fajar Surya Wisesa Tbk Renovasi Lima Sekolah Di Kabupaten Bekasi, Dukung Akselerasi Pendidikan Melalui Infrastruktur Penunjang Pendidikan

MutiaraindoTV, Kabupaten Bekasi – Jawa Barat. PT. Fajar Surya Wisesa Tbk (Fajar Paper) produsen kertas kemasan terkemuka di anggota dari SCGP di Indonesia menggelar acara peresmian dan serah terima program CSR renovasi lima sekolah di SMP Negeri 4 Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Rabu, 24 Agustus 2022 kemarin.

Program ini bertujuan mengakselerasi kualitas pendidikan melalui sarana penunjang belajar yang memadai bagi generasi muda, sekaligus komitmen Fajar Paper dalam menerapkan prinsip ESG (Enviroment Sosial dan Governance).

Program renovasi sekolah ini telah di lakukan sejak Tahun 2013, berangkat dari masih banyaknya kondisi sekolah di sekitar area oprasi perusahaan yang kurang ideal akibat masa pakai yang terlalu lama, seperti atap kelas bocor, dinding retak dan saluran air yang tersumbat.

Hal ini tentu berdampak pada keberlangsungan dan kualitas kegiatan belajar mengajar, program ini juga sejalan dengan Pemerintah khususnya pada perbaikan infrastruktur dan tehnologi sebagai poin pertama dalam transformasi pendidikan yang di rancang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui kebijakan Merdeka Belajar dan selaras dengan target Pemerintah Kabupaten Bekasi, yakni perbaikan gedung sekolah yang rusak, kritis sebagai prioritas dalam proyek strategis daerah di Tahun 2022.

Setidaknya ada 120 bangunan sekolah yang tergolong rusak yang menjadi target perbaikan oleh Kabupaten Bekasi, seremoni penyerahan pada hari ini menandai rampungnya proses renovasi sekolah oleh Fajar Paper dan kesiapan fasilitas sekolah untuk di gunakan oleh para siswa dan guru untuk kegiatan belajar mengajar.

Acara ini di hadiri oleh Direktur Thalengsak Ratchburi, Direktur Yustinus Kusumah dan Direktur Roy Teguh. General Manajer HR Strategic & Buisness Partner. Jefri D Tambunan, Perwakilan SMP Negeri 4 Cikarang Barat, Kepala Desa Kalijaya, dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Carwinda. Content Creator Educator Falya Aqila serta penerima beasiswa SCG Sharing The Dream 2022 katagori Undergraduate.

Presiden Direktur Fajar Paper,Peerapol Mongkolsilp menyampaikan, Aksi ini juga merupakan implementasi dari prinsip ESG 4 Plus (Enviroment Social dan Governance) yang menjadi landasan perusahaan dalam menciptakan dampak berkelanjutan.

Kami percaya anak – anak berhak memperoleh pengalaman belajar yang berkualitas sebagai pondasi dalam membentuk kecerdasan dasar, karakter, dan ketrampilan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Lebih lanjut General Manager HR Strategic Buisness Fajar Paper Jefri D Tambunan menjelaskan, “bahwa sejak Tahun 2023 program ini telah menjangkau 30 sekolah di Kabupaten Bekasi. Dalam 6 tahun terakhir sejak Tahun 2016, perusahaan telah mengalokasikan biaya Rp. 16 miliar.

“Tahun ini proyek renovasi di maulai sejak Mei dan rampung di bulan Juli, tahun ini kami memperluas target renovasi sekolah ke tingkat TK dan SMP serta menjangkau wilayah terluar Cikarang. Muara Gembong yang lokasinya cukup jauh di pantau Utara Jawa.

Kami fokus menyasar sekolah yang memang memiliki urgensi serta keterbatasan lainnya, tentunya kami berharap jangkauan program ini terus bertambah kedepannya.

Masing – masing sekolah memiliki cakupan renovasi yang berbeda, meliputi berbagai fasilitas seperti ruang kelas, aula, lapangan, perpustakaan dan laboratorium. Adapun 5 sekolah penerima bantuan tahun ini adalah :

  1. TK Bhayangkara 57 Cikarang Utara.
  2. SD Negeri Kalijaya 10 Cikarang Barat.
  3. SD Negeri 02 Sukadamai Cikarang Barat.
  4. SMP Negeri 4 Cikarang Barat.
  5. SD Negeri Pantai Bhakti, Kecamatan Muara Gembong.

Carwinda menyampaikan, kami mengapresiasi Fajar Paper dalam mendukung akselerasi kualitas pendidikan di Kabupaten Bekasi, Pemerintah secara bertahap terus melakukan pemetaan kondisi di lapangan serta menyalurkan bantuan kepada berbagai instansi pendidikan, dan dengan adanya inisiatif dari pelaku industri seperti Fajar Paper kami sangat terbantu dalam mencapai target.

Siti Fatonah Kepala sekolah SMP Negeri 4 Cikarang Barat mengatakan, “kultur bangunan yang rendah dan kondisi keramik yang pecah membuat sekolah kerap tergenang banjir setinggi mata kaki, setelah renovasi kami berharap anak anak bisa belajar dengan lebih kondusif dan nyaman.

Shayla Cantika siswi SMP Negeri 4 Cikarang Barat mengatakan, “saat itu kami sedang mengikuti ujian, dan air hujannya masuk ke dalam kelas. Kami harus pakai sendal, dan ini sangat menggangu kenyamanan dan saya sempat merasakan ubin retak, dengan renovasi ini saya senang karena bisa jadi lebih bagus dan lega.

Dalam agenda spesial ini Fajar Paper mengajak Content Creator Falya Aqila menjadi guru tamu spesial yang mengajar pelajaran matematika di SMP Negeri 4 Cikarang Barat, Fayla menjajal suasana baru sekolah pasca renovasi meliputi, kelas, laboratorium IPA, toilet, plafon dan atap gedung.

Kontribusi lain Fajar Paper dalam memajukan Indonesia melalui bidang pendidikan terwujud, dalam bentuk bantuan dana pendidikan melalui program Beasiswa SCG Sharing the Dream Tahun 2022. Fajar Paper menyalurkan beasiswa kepada 83 pelajar SMA dan Mahasiswa domisili di Bekasi, serta program donasi alat tulis yang sudah berjalan sejak tahun 2013.

Fakjar Paper berharap dukungan untuk mengakselerasi kualitas pendidikan, akan dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi ketimpangan sosial di tengah masyarakat.

PT. Fajar Surya Wisesa Tbk adalah produsen kertas kemasan terkemuka di Indonesia yang merupakan anggota dari SCGP dirikan pertama kali sebagai perseroan terbatas pada tanggal 29 Februari 1998, kemudian status perusahaan di ubah menjadi perusahaan terbuka setelah terdaftar di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 19 Desember 1994 (FASW.JK) Fajar Paper tergabung dalam naungan SCGP sejak SCGP Solilusion Singapura Pte. Ltd menguasai 55% saham Perseroan sejak Tahun 2019 yang memiliki kapasitas produksi gabungan terpasang lebih dari 1, 5 juta ton pertahun.

Fajar Paper adalah perusahaan masa depan, terutama dalam hal cara berpikir kedepan yang di terapkan dalam menjalankan usahanya.yaitu melalui konservasi energi dan lingkungan di sekitar perusahaan berada. Setiap produk yang di hasilkan berasal dari 100% kertas daur ulang, dan semua kebutuhan energi untuk mesin kertas dapat di penuhi sendiri melalui pembangkit listrik yang di miliki perseroan. (Ali M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *